Selasa, 29 September 2020 | 03:46 WIB

GEBYAR PATEN KECAMATAN PANGKALAN DAN TELUKJAMBE BARAT

Minggu, 16 Desember 2018 | 10:54 WIB - Markus Sitanggang

Karawang,- Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Karawang menyelenggarakan kegiatan Optimalisasi Pelayanan Publik Terpadu Keliling atau Paten di tiap-tiap Kecamatan se-Kabupaten Karawang.
Bupati Karawang hadiri Gebyar Paten sekaligus di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Pangkalan dan dilanjutkan ke Kecamatan Telukjambe Barat.
Kegiatan Paten sendiri merupakan implementasi dari Surat Mendagri Nomor 503/506/SJ, tanggal 28 Januari 2015 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di daerah, yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan publik yang mudah bagi masyarakat hingga ke tingkat kecamatan. Pelayanan Publik Terpadu sendiri telah diagendakan Pemkab Karawang untuk digelar secara rutin.
Di kedua kecamatan tersebut, masyarakat terlihat antusias untuk memanfaatkan berbagai jasa pelayanan yang ada. Salah satunya adalah layanan kependudukan yang diselenggarakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Dalam layanan tersebut, masyarakat dapat membuat dan memperpanjang berbagai administrasi kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran dalam tempo singkat.
Pelayanan lain diberikan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Karawang, yang menyediakan stand khusus guna menyelenggarakan berbagai layanan perijinan yang cepat dan mudah. Sementara dari pihak BPJS Kesehatan, turut menyediakan layanan pendaftaran BPJS bagi masyarakat. Tak ketinggalan dari Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, yang turut menyediakan mobil dan ruangan khusus untuk Pelayanan KB bagi masyarakat.
Bupati Karawang, dr.Hj. Cellica Nurrachadiana,  pada dua kecamatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini adalah sebuah upaya Pemerintah Kabupaten Karawang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik sekaligus mendekatkan berbagai layanan publik kepada masyarakat di tingkat kecamatan.
“Mudah mudahan hal ini benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” jelasnya.
Terakhir Beliau menambahkan,  “Kami Pemerintah Kabupaten Karawang selain memberikan dan mendekatkan pelayanan, Paten ini juga sebagai silaturahmi dalam upaya mendekatkan hubungan pemerintah daerah  dengan masyarakatnya dengan tujuan untuk melihat secara langsung kegiatan pembangunan di daerah termasuk pembangunan yang sedang dijalankan, sekaligus mendengar berbagai masukan dari masyarakat agar program dan kegiatan pembangunan berjalan dengan lancar, tepat sasaran, efektif dan efisien sesuai harapan masyarakat”, ungkapnya. (mrk)

Komentar Anda

BACA JUGA
Peristiwa | Kamis, 24 September 2020 | 05:28 WIB
Nasional | Minggu, 27 September 2020 | 11:34 WIB