Selasa, 19 November 2019 | 17:35 WIB

Uni Eropa dan PBB Luncurkan Prakarsa Perangi Terorisme Nuklir

Jumat, 26 April 2019 | 17:31 WIB - liana aliati

Uni Eropa dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memulai peluncuran rencana bersama untuk melawan terorisme nuklir.

Seperti dilaporkan Kantor Berita Xinhua dari New York, Uni Eropa dan PBB memulai rencana bersama untuk mencegah terorisme nuklir melalui persetujuan global dan implementasi efektif konvensi internasional penumpasan aksi terorisme nuklir.

Kepala kantor anti terorisme di PBB, Vladimir Voronkov di acara peluncuran rencana ini mengatakan, "Bahaya potensi para teroris mendapatkan peralatan nuklir dan radiasi, merupakan ancaman besar bagi kemanusiaan, perdamaian dan keamanan internasional, namun disayangkan bahaya ini benar-benar ada."

Sementara itu, Pedro Serrano, Dirjen bidang kebijakan keamanan dan pertahanan bersama Uni Eropa menyatakan, masyarakat internasional harus bersatu menecgah ancaman terorisme nuklir.

Implementasi rencana ini dimulai ketika sejumlah negara sponsor terorisme berusaha mempersenjatai dengan teknologi nuklir atau mengembangkan teknologi ini.

Peristiwa terbaru dalam kasus ini adalah permintaan Dirjen Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Yukiya Amano kepada Arab Saudi untuk menandatangani surat jaminan penuh terkait upaya menghindari penggunaan senjata nuklir.

Menteri energi AS 28 Maret lalu mengkonfirmasikan pengeluaran ijin bagi penjualan teknologi nuklir kepada Arab Saudi dan kerja sama nuklir dengan Riyadh. (MF)

 

Komentar Anda

BACA JUGA
Ekonomi | Jumat, 15 November 2019 | 23:31 WIB
Nasional | Sabtu, 16 November 2019 | 22:13 WIB