Senin, 16 Desember 2019 | 07:22 WIB

Sekjen NATO: Kini Tiba saatnya Solusi Damai di Suriah

Minggu, 3 November 2019 | 20:09 WIB - wry

Sekjen NATO Jens Stoltenberg

Sekretaris Jenderal Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Jens Stoltenberg seraya mengisyaratkan proses transformasi utara Suriah, menuntut solusi diplomatik bagi krisis di negara ini.

Jens Stoltenberg dalam wawancaranya dengan Koran Jerman, Bild am Sonntag mengatakan, meredanya kekerasan di utara Suriah mengharuskan peningkatan upaya untuk menciptakan solusi politik bagi krisis di negara ini.

Sekjen NATO menyebut Turki sebagai negara paling rentan menghadapi serangan teror di antara negara anggota dan menambahkan, harus diakui bahwa Turki adalah mitra penting yang banyak terlibat dalam memerangi Daesh (ISIS) dan tidak ada anggota NATO lainnya, seperti Turki, yang mampu menyambut pengungsi Suriah.

Petinggi NATO ini seraya mengisyaratkan bahwa Turki menjadi tuan rumah 3,6 juta pengungsi Suriah, menyambut usulan Jerman untuk membentuk zona aman di utara Suriah dengan pengawasan PBB.

Militer Turki 9 Oktober lalu dengan alasan melawan milisi Kurdi yang dianggap teroris oleh Ankara, melancarkan operasi militer di utara Suriah.

Pasca agresi ini, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) meminta pemerintahan Bashar al-Assad untuk mengambil alih kontrok daerah tersebut dan melindunginya dari serangan Turki.

sumber : MF

 

Komentar Anda

BACA JUGA
Pendidikan | Selasa, 10 Desember 2019 | 10:02 WIB
Pendidikan | Kamis, 12 Desember 2019 | 06:38 WIB