Senin, 6 Juli 2020 | 13:47 WIB

Idza: Bantuan BLT-DD Utamakan Untuk Beli Bahan Makanan

Jumat, 22 Mei 2020 | 09:02 WIB - Ahmad Wahidin

BREBES - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menekankan agar Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) jangan digunakan untuk beli baju lebaran. Utamakan untuk membeli bahan makanan, karena lebih utama bila dibandingkan dengan membeli baju lebaran. Apalagi di tengah Pandemi Covid-19, kita harus menghindari diri dari kerumunan masa di pusat-pusat perbelanjaan.

“Lebaran tahun ini cukup di rumah saja, ora salaman tetep seduluran,” ujar Idza Priyanti saat melaunching BLT-DD di Aula Kecamatan Sirampog, Selasa (19/5).
Digulirkanya BLT, kata Idza, jangan untuk beli baju lebaran tetapi dibelanjakan buat membeli bahan makanan.

Dikatakan Idza, tidak hanya BLT-DD yang digulirkan untuk penanganan Covid-19 seperti BST dan BPNT dari Kementerian Sosial, Bantuan Gubernur, Bantuan Bupati, PKH dan BLT-DD. Pemerintah hadir, memperhatikan dan peduli pada warga masyarakat Brebes yang terdampak Covid-19.

BLT-DD ini merupakan anggaran dana desa yang diambilkan sebagian untuk diberikan langsung kepada masyarakat. Sesuai arahan Presiden Ir Joko Widodo melalui Kementerian Desa yang diatur dalam Permendes No 6 tahun 2020. Adapun besaran uang yang diterima yaitu Rp. 600.000 per Kepala Keluarga. Akan didistribusikan kepada 292 desa di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes. Penerima akan mendapatkan BLT-DD setiap bulan selama tiga bulan dari April sampai Juni mendatang.

Adapun pagu dana desa tahun anggaran 2020 Kabupaten Brebes setelah refocusing dan relokasinya sebesar Rp 492.478.504.000,- sebelumnya Rp. 495.634.148.000. Kemudian penggunaan dana tersebut diprioritaskan untuk penanganan dampak wabah virus corona (covid–19).

Idza juga mengajak, pada seluruh warga masyarakat Kabupaten Brebes terus berdoa memohon kepada Allah SWT agar wabah pandemic ini segera berakhir, dan kita bisa menyambut hari kemenangan nanti penuh dengan suka cita.

Sebelumya Bupati beserta rombongan juga penyerahan BLT-DD di Kecamatan Songgom dan Larangan. Sementara untuk Wakil Bupati Brebes serta rombongan melakukan penyerahan di Kecamatan, Paguyangan, Bumiayu dan Jatibarang.
Idza mengajak agar seluruh warga Brebes untuk berdoa sepanjang waktu dan sepanjang malam agar virus corona segera sirna. Kalau tidak berakhir, maka lebaran tetap di rumah saja, dan selalu waspada karena Brebes masuk zona merah. Kewaspadaan bagi segenap masyarakat, harus terus ditingkatkan sampai penyebaran virus berakhir.

Warga yang baik, akan mengikuti anjuran pemerintah dengan bekerja, belajar dan beribadah di rumah.
Turut hadir dalam penyerahan simbolis BLT-DD, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH didampingi suami DR H Warsidin MH, Staf Ahli Bupati Bidang Kesra Drs Masfuri, Asisten III Sekda Yuta Sugihyarti SH, Pimpinan Bank Jateng Cabang Brebes Setyo Pamungkas, Kepala Dinpermades Drs Subagya, Camat Songgom M Sodiq, Camat Larangan Drs Sudianto MSi, Plt Camat Sirampog Lukman Hakim SH, para Kapolsek, Danramil, serta Kades setempat. (hid/was).

Komentar Anda

BACA JUGA
Nasional | Kamis, 2 Juli 2020 | 13:18 WIB
Nasional | Jumat, 3 Juli 2020 | 15:32 WIB