Selasa, 22 September 2020 | 21:45 WIB

KH. Zaerukhi Al Hafidz: Berkurban, Amalan Yang Disukai Allah SWT

Minggu, 2 Agustus 2020 | 03:59 WIB - Ahmad Wahidin

BREBES - Perintah berkurban di Hari Raya Idul Adha bukanlah perintah untuk sembarang menyembelih. Sebab selain perintah yang disyariatkan, amaliyah berkurban juga yang paling disukai Allah SWT. Tiada suatu amal yang paling bagus di mata Allah, selain menyembelih qurban, darah yang mengalir akan diterima Allah sebelum jatuh ke tanah.

Demikian antara lain isi Khutbah Idul Adha yang disampaikan Ketua Yayasan Masjid Agung Brebes KH Zaerukhi Al Hafidz, Jumat (31/7)

Perintah berkurban ada sejak Nabi Adam AS, yang digambarkan bahwa qurban dari Qobil tidak diterima akibat adanya tendensi tertentu.

Sebab, hanya yang dilandasi ketakwaan seseorang dalam berkurban yang diterima Allah SWT.

Secara tegas, perintah berkurban sejak zaman kenabian Ibrahim AS yang dikisahkan terjadinya pergolakan iman antara Bapak dan anak yang dicintainya Ismail.

Robbi habli minasholihin, cinta nabi Ibrahim begitu kuat kepada Ismail.

Untung saja, Ibrahim mempunyai anak yang shaleh yang bernama Ismail menyerahkan sepenuhnya kepada ayahnya.

"Wahai bapakku kerjakan apa yang diperintahkan Allah semoga mendapat kesabaran. Malaikat Jibril pun datang dan menyampaikan pesan dari Allah' agar menangguhkan penyembelihan Ismail, lalu diganti dengan domba," ujar Khotib.

Khotib menjelaskan, bahwa pergulatan cinta dan kasih sayang antara Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail terjadi. Cinta mereka kepada Allah pun semakin menebal.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH bersama suami serta jajaran forkopimda dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes dan ribuan masyarakat Brebes melaksanakan Shalat Idul Adha Masjid Agung Brebes hingga, Jumat (31/7).

Jama’ah yang luber hingga ke alun-alun harus melalui rangkaian pemeriksaan protokol kesehatan seperti cuci tangan sebelum memasuki masjid, pengukuran suhu badan dan diwajibkan memakai masker.

Dalam sambutannya Bupati Brebes menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Brebes mengucapkan terima kasih dan penghargaan yg sedalam-dalamnya pada jajaran pengurus Masjid Agung yang pada tahun ini berinisiatif penyelenggaraan sholat Idul Adha 1441 H di masa Pandemi Covid-19.

"Biasanya, sholat Ied diprakarsai oleh Pemkab, tapi tahun ini pengurus Masjid Agung Brebes mandiri," ucap Idza penuh semangat.

Idza juga memuji penyelenggaraan, karena telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Momentum Idul Adha 1441 H, lanjutnya, yang masih prihatin kita patut meneladani perilaku Nabiyullah Ibrohim Alaihis Salam dengan merefleksikan nilai-nilai pengorbanan dan ketaatan. Bagi yang diberi kelebihan harta, korbankanlah sebagian hartanya untuk membantu fakir miskin, bagi warga yang sedang kesulitan ekonomi, jaga kesabaran sambil tetap ikhtiar dan berdo'a.

"Sikap taat dan sabar dalam suasana pandemi virus corona, sangat dibutuhkan juga dari semua unsur masyarakat, utamanya dalammematuhi protokol kesehatan," tandas Idza

Usai sholat Ied, Bupati menyerahkan hewan qurban sebanyak tiga ekor sapi dan satu ekor kerbau. Hewan qurban tersebut bersumber dari bantuan keluarga Bupati, CSR Bank Jateng, Baznas Kabupaten Brebes, dan Pemkab Brebes.

Penyerahan dilakukan dihalaman Pendopo diserahkan kepada Masjid Agung Brebes, Masjid Izzul Islami Ketanggungan, Masjid Agung Bimiayu dan Musholla Baitussaadah Jatibarang.

Turut hadir, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti didampingi suami H Warsidin dan Wakil Bupati Narjo bersama jajaran Forkopimda, Sekda Brebes Djoko Gunawan, Ketua Pengadilan Agama Brebes Abdul Basyir, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan La Ode Vindar Aris N, Asisten I Sekda Apriyanto Sudarmoko, Asisten III Yuta Sugihyarti para Kepala SKPD, Kepala Bagian tokoh agama dan alim ulama serta para penerima bantuan hewan qurban.

Menurut Bupati, penyerahan bantuan hewan qurban ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian Pemkab Brebes kepada masyarakat dan ikut berbagi kebahagiaan di hari raya Idul Adha.

Mudah-mudahan, kata Idza, untuk tahun depan, pihaknya akan mengupayakan lebih banyak lagi bantuan hewan qurban sehingga bisa memenuhi keinginan warga masyarakat Brebes.

“Semoga tahun depan Pemkab Brebes bisa menambah lagi jumlah bantuan hewan qurban untuk masyarakat Brebes,” harap Idza.

Idza berharap, pendistribusian hewan qurban agar lebih merata, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu atau yang membutuhkan di Kabupaten Brebes.

Komentar Anda

BACA JUGA
Hiburan | Minggu, 20 September 2020 | 05:51 WIB
Peristiwa | Minggu, 20 September 2020 | 06:16 WIB
Nasional | Minggu, 20 September 2020 | 15:42 WIB
Nasional | Jumat, 18 September 2020 | 19:46 WIB