Minggu, 6 Desember 2020 | 05:38 WIB

Dekranasda Kota Bandung telah Menjadi Benchmark Bagi Sejumlah Daerah

Senin, 26 Oktober 2020 | 17:06 WIB - wry

KOTA BANDUNG, - Dengan beragam inovasinya, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung telah menjadi benchmark bagi sejumlah daerah lain di Indonesia.

Hal itu terbukti dari kunjungan PKK dan Dekranasda Kota Makassar untuk menimba ilmu dan pengalaman dari Dekranasda Kota Bandung di Pendopo Kota Bandung, Senin 26 Oktober 2020.

Atas kunjungan tersebut, Ketua Harian I Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bandung, Cici Ema Sumarna mengungkapkan apresiasinya terhadap rombongan PKK dan Dekranasda Kota Makassar yang telah hadir di Kota Bandung.

Ia berharap, Kota Bandung dan Maksaar bisa bersama-sama mengembangkan potensi di masing-masing wilayahnya dan memperat ikatan batin dalam program kerjasama yang saling menguatkan.

“Dengan semangat kolaborasi dan inovasi mari kita jalin kerja sama yang lebih apik lagi untuk sama sama mengembangkan potensi yang ada,” Ucap Cici saat menerima Kunjungan Kerja Ketua dan Pengurus Dekranasda Kota Makassar di Pendopo pada hari Senin 26 Oktober 2020.

Sementara itu, Ketua Harian Dekranasda Kota Bandung, Elly Wasliyah memaparkan, selama ini Dekranasda Kota Bandung mengedepankan inovasi dan kolaborasi dalam mewujudkan kreatifitas industri kerajinan.

Sehingga dapat menciptakan produk yang berkarakter unggul dan mandiri sesuai visi yang diusung oleh Dekranasda Kota Bandung.

Beberapa Program Dekranasda Kota Bandung yang telah dilaksanakan antara lain peningkatan inovasi dan kreatifitas serta keterampilan dibidang seni kerajinan bagian budaya bangsa, mengembangkan potensi industri kerajinan yang dapat menjadi sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kemampuan perajin dibidang produksi melalui pembinaan teknik produksi.

Termasuk juga peningkatan mutu dan disain produk serta manajemen usaha dan mendorong upaya pelestarian bahan baku, Meningkatkan, mempromosikan dan memasarkan hasil produk kerajinan.

Khusus di masa pandemi Covid-19, kata Elly, Dekranasda Kota Bandung tetap melaksanakan kegiatan. Di antaranya, sosialisasi fasilitasi kemitraan pelaku usaha dengan Pusat Perbelanjaan di Hotel El-Royale pada 26–27 Agustus 2020 lalu.

"Juga menggelar beragam pelatihan dan pameran. Salah satunya yaitu Pasar Kreatif Bandung 2020 di 9 pusat perbelanjaan yang melibatkan 212 pelaku usaha," ungkapnya.

“Semoga dengan berbagi informasi akan program dan kegiatan Dekranasda Kota Bandung ini, rombongan dari Makassar dapat memunculkan ide ide barunya untuk dapat diaplikasikan di Kota Makassar,” harap Elly. 

Komentar Anda

BACA JUGA
Ekonomi | Rabu, 2 Desember 2020 | 06:48 WIB
Nasional | Selasa, 1 Desember 2020 | 13:36 WIB