Selasa, 10 Desember 2019 | 06:02 WIB

IKA SMPN 3 Bandung Kerjasama KADIN Kota Bandung

IKA SMPN 3 Bandung Sukses Gelar Seminar Entrepreneur Kewirausahaan

Minggu, 17 November 2019 | 12:57 WIB - Asep Ruslan

Seminar Kewirausahaan oleh IKA SMPN 3 Bandung kerjasama KADIN Kota Bandung digelar di Aula KADIN Kota Bandung Jalan Talaga Bodas No. 31 Bandung, Sabtu (16/11/2019)- SPN/Asep Ruslan

BANDUNG - Sebanyak 97 orang alumni SMP Negeri 3 Bandung dari berbagai angkatan mengikuti Seminar Kewirausahaan dengan tema “Membangun Kewirausahaan Diantara Alumni” yang dilaksanakan oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMP Negeri 3 Bandung bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kota Bandung digelar di Aula KADIN Kota Bandung Jalan Talaga Bodas No. 31 Bandung, Sabtu (16/11/2019).

Acara seminar dibuka Ketua IKA SMPN 3 Bandung, Elis Nurhayati, SH, MH (Alumni 3-77), dihadiri Ketua KADIN Kota Bandung Ir. Iwa Gartiwa, MM (Alumni 3-81), para narasumber pengusaha sukses di bidang entrepreneur : Dr. Meriza Hendri S.IP, MM (Direktur Strabiz Manajemen Bandung), Bhakti Desta Alamsyah (Pengusaha Franchise/Owner Best Brand) dan H. Bambang Tris Bintoro (Wakil Ketua Kadin Kota Bandung/Pengusaha Grosir), Majelis Pertimbangan IKA SMPN 3 Bandung, Pengurus KADIN Kota Bandung, Pengurus IKA SMPN 3 Bandung dan Media online Sinarpaginews.

Elis Nurhayati yang juga Ketua Majelis Kehormatan Wilayah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Provinsi Jawa Barat, dalam sambutannya mengatakan.

“Ini salah satu program kegiatan pengurus IKA SMPN 3 Bandung periode 2018-2021. Sesuai dengan Visi Misi IKA SMPN 3 Bandung yaitu memberikan kontribusi yang baik untuk para alumni, dan para alumni dapat memberikan kontribusi yang baik untuk Almamaternya yaitu SMP Negeri 3 Bandung dan masyarakat pada umumnya,” Ungkap Elis.

“Seminar ini diharapkan dapat meningkatkan potensi para alumni, dalam meningkatkan kesejahteraan dalam hidupnya. Semoga dapat berhasil sesuai harapan panitia, minimal 60 % dari seluruh peserta seminar, dapat menambah wawasan dan pengalaman dari para narasumber yang ditampilkan,” tambahnya.

Ketua IKA SMPN 3 Bandung, Elis Nurhayati bersama Ketua KADIN Kota Bandung, Iwa Gartiwa (SPN/Asep Ruslan)

Iwa Gartiwa Ketua KADIN Kota Bandung, dalam sambutannya mengatakan.

“Ini kegiatan sungguh luarbiasa, dan kegiatan yang pertama KADIN Kota Bandung bisa menjalin kerjasama dengan IKA SMPN 3 Bandung,” ujar Iwa.

“Kamar Dagang dan Industri Indonesia, atau disingkat KADIN Indonesia, adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian. Organisasi ini didirikan pada 24 September 1968 dan diatur dalam Undang-undang Nomor 1 tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri,” terangnya.

“Data UKM di KADIN kota Bandung ada 150.000, tapi yang berhasil bisa mandiri masih jauh.  Diharapkan kedepan dengan kerjasama dengan IKA SMPN 3 Bandung ini akan melahirkan para entrepreneur baru, sehingga bisa menambah jumlah pengusaha di kota Bandung. Diharapkan dari akan muncul narasumber praktisi bisnis dari Alumni SMPN 3 Bandung,” ungkap Iwa.

“Kami bisa membantu kendala dari para pengusaha UKM seperti pengurusan legalitas PIRT, HAKI, Izin Halal, Balai POM. Maupun Perusahaan yang akan Go Publik, Franchise/Waralaba, di KADIN banyak ahlinya. Dan untuk Mentornya kami akan siapkan,” pungkas Ketua KADIN Kota Bandung.

Dr. Meriza Hendri, SIP, MM Direktur PT. Strabiz Manajemen Bandung dan Dosen Magister Manajemen Universitas Widyatama, sebagai narasumber pertama memulai materinya dengan menceritakan perihal suka dukanya dalam memulai bisnis.

“Jangan pernah ngambil bisnis kalau kita tidak tahu. Itu pelajaran pertama,” pesannya.

“Jangan bisnis banyak orang atau banyak kepala, ini pelajaran kedua,” tambahnya.

Meriza Hendri, Direktur PT. Strabiz Manajemen Bandung dan Dosen Magister Manajemen Universitas Widyatama (SPN/Asep Ruslan)

Menurut Meriza yang juga Ketua Tim Sinergitas ABCGM untuk UMKM Jabar Naik Kelas, pilihlah bisnis yang sesuai dengan potensi yang ada dalam diri kita atau orang tua kita. Bagi yang sudah keluarga lihat potensi yang ada pada pasangan hidup kita, istri atau suami kita.

Untuk itu beberapa hal yang harus dimiliki dan dipelajari seorang pebisnis :

1. Mental yang tangguh

2. Tips mengelola keuangan

3. Memilih bisnis sesuai potensi diri

4. Desain Bisnis

Sementara pemateri kedua, Bhakti Desta Alamsyah adalah seorang pengusaha Franchise sukses asal Bandung, humoris yang gemar mau berbagi ilmu dan membongkar strategi bisnisnya ke tengah publik. Memiliki ratusan gerai usaha bersama para selebriti ternama di tanah air. Di bawah naungan perusahaan miliknya Best Brands Group Inc kini usahanya semakin sukses.

Menurut Desta, dari paparan Dr. Meriza Hendri tadi, ada tiga hal yang saya catat.

“Pertama, mental dan yakin bahwa kita adalah orang yang terpilih. Kedua, masalah buat elo, adalah solusi buat Ike, dan Ketiga, ciptakan solusi kreatif Out of the box,” papar Desta sambil menjelaskan satu persatu dari apa yang dia sampaikan tersebut.

Bhakti Desta Alamsyah, pengusaha Franchise sukses memiliki ratusan gerai usaha bersama para selebriti ternama di tanah air dan Best Brands Group ((SPN/Asep Ruslan)

Selanjutnya Desta menceritakan tentang kegiatan bisnisnya dan bagaimana peluang-peluang bisnis yang dia ciptakan untuk motivasi bagi para peserta seminar.

“Sehingga suatu masalah akan jadi peluang. Masalah bagi orang lain, buat kita akan selalu jadi peluang. Peluang untuk kita bisa buat produk/barang/jasa, sebagai solusi bagi masalah tersebut,” pungkas Desta penerima penghargaan Anugerah Wirausaha Indonesia 2016, dan  Rising Business Award 2017 dan Best Franchise 2017.

Di lain pihak, H. Bambang Tris Bintoro, Wakil Ketua Kadin Kota Bandung yang juga seorang pengusaha sukses bisnis Grosiran dengan nama Warung Desa.

“Bagaimana saya ingin punya bisnis, dagang tapi harus cepat jadi duit,” ujar Bintoro.

“Saya buat bisnis Grosiran yang idenya sama dengan Indo Grosir, namanya Warung Desa, karena tersebar di desa-desa. Saya harus memiliki daya pembeda yang kuat dalam bisnis saya. Seluruh kebutuhan warga desa tersedia di Warung Desa, Alhamdulillah sukses,” tambahnya.

H. Bambang Tris Bintoro, Wakil Ketua Kadin Kota Bandung dan pengusaha sukses bisnis Grosiran (SPN/Asep Ruslan)

“Kiatnya kita harus berani bertanding dan bersaing dengan perusahaan lain sekalipun perusahaan-perusahaan besar, tapi kita harus edukasi terus dan memiliki daya pembeda yang kuat,” pungkasnya.

Ketua IKA SMPN 3 Bandung, Ketua KADIN Kota Bandung, bersama para narasumber usai acara seminar (SPN/Asep Ruslan)

Ketua Pelaksana Seminar Mochamad Kurdi bersama Panitia Seminar lainnya dan alumni IKA SMPN 3 Bandung (SPN/Asep Ruslan)

Ketua Pelaksana Seminar yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) IKA SMPN 3 Bandung Mochamad Kurdi, usai acara kepada Sinarpaginews mengatakan.

“Diharapkan dari kegiatan seminar ini para peserta seminar bisa mengembangkan kreativitasnya, berani memulai merintis untuk memiliki usaha sendiri atau mengembangkan usaha yang telah ada agar menjadi lebih besar dan sukses. Difasilitasi oleh para mentor praktisi bisnis sukses dari KADIN Kota Bandung,” papar Kurdi di Aula Kadin Kota Bandung, Sabtu (16/11/2019). 

Komentar Anda

BACA JUGA
Nasional | Kamis, 5 Desember 2019 | 13:17 WIB
Ekonomi | Jumat, 6 Desember 2019 | 21:52 WIB
Nasional | Rabu, 4 Desember 2019 | 21:21 WIB