Minggu, 5 April 2020 | 23:33 WIB

BenihBaik Serahkan Dana Donasi Rp5,2 Miliar ke BNPB

Rabu, 25 Maret 2020 | 12:57 WIB - Chairul Ichsan

JAKARTA, - PLATFORM crowdfunding BenihBaik.com, menyerahkan dana donasi Rp5,2 miliar kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Senin (23/3).

Dana ini berasal dari Grab & Grab Health, Tokopedia, Indika Foundation, OVO, BCA, juga donasi dari perorangan dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia.

Jumlah pasien positif virus corona terus bertambah. Pada 23 Maret 2020 tercatat ada 514 orang yang terpapar Covid-19.

Menghadapi wabah Covid-19, pemerintah dan semua pihak berupaya semaksimal mungkin untuk menangani hal ini. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yang dipimpin Doni Monardo, sedang bertarung melawan ancaman Covid-19. Mereka sudah bekerja keras siang dan malam untuk melindungi kita semua.

Saat ini Gugus Tugas sangat membutuhkan alat-alat medis untuk menolong para korban Covid-19 dan melindungi para petugas medis yang bertugas di garis depan.

Alat-alat medis bahkan mengalami kelangkaan dan harga yang melonjak tajam sehingga sulit untuk dijangkau, apalagi untuk daerah-deaah yang tertinggal secara ekonomi. Banyak rumah sakit dan fasilitas kesehatan di kota kecil, bahkan tidak menggunakan alat pelindung diri. Petugas media menjadi sangat rentan tertular.

Andy F Noya, Founder sekaligus CEO BenihBaik.com mengatakan, "Di sini ada teman-teman dari yang mewakili masyarakat ada OVO, Grab, Tokopedia, BCA, & ada Indika Foundation. Tugas dan tanggung jawab BenihBaik adalah bagaimana mendorong masyarakat untuk bersama-sama peduli dengan persoalan yang sedang dihadapi sebagai bangsa Indonesia. Maka salah satu langkah kecil yang kami lakukan adalah bagaimana kami bersama-sama ingin menunjukan kepada siapa saja, agar peran yang dilakukan masyarakat sangatlah penting," ucapnya.

Dia menambahkan BenihBaik.com melihat BNPB adalah lembaga yang paling kredibel dan punya akses untuk intervensi kemana saja untuk pengadaan peralatan. "Jadi kami atas nama masyarakat dan beberapa donatur anonim, hari ini kami menyatakan bahwa kami masyarakat Indonesia berada di belakang BNPB sebagai wakil pemerintah untuk atasi persoalan yang sedang dialami saat ini. Semoga bantuan sebesar Rp5,2 miliar yang tidak besar ini bisa membantu dan menjadi motivasi bahwa kita semua punya peran untuk membantu menghentikan penyebaran Virus Corona atau Covid-19."

Pada kesempatan yang sama, niat baik ini juga disambut oleh Indika Foundation yang menyerahkan bantuan sebesar Rp1 miliar kepada BenihBak.com. "Kita semua harus bahu membahu dan meningkatkan solidaritas terhadap sesama. Kami berharap agar bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan para pahlawan medis, serta membantu Gugus Tugas dalam mempercepat penanganan COVID-19", tutur Arsjad Rasjid, Ketua Pembina Indika Foundation.

Leontinus Alpha Edison, Vice-Chairman sekaligus Co-Founder Tokopedia, mengatakan, "Bersama dengan BNPB dan berbagai mitra di industri, kami menyatukan suara, upaya dan semangat dalam memerangi COVID-19. Salah satunya adalah dengan menyumbang dana sebesar Rp1 miliar dari Tokopedia dan membuka jalur donasi agar masyarakat juga dapat turut berkontribusi. Sejak awal, Tokopedia telah melakukan berbagai inisiatif dan mengambil tindakan tegas untuk membantu pengguna - penjual maupun pembeli - dan mitra strategis lainnya tetap dapat memanfaatkan layanan Tokopedia dengan harga dan kualitas terjaga. Berbagai hal tersebut adalah bagian dari upaya Tokopedia untuk meredam laju penyebaran COVID-19 dan memudahkan masyarakat untuk #DiRumahAjaDulu.

Di tengah pandemi global yang kini juga menyeret Indonesia ke masa yang penuh tantangan ini, OVO juga memiliki tanggung jawab untuk berperan nyata dalam mendukung upaya pemerintah meredam dan mengatasi penyebaran virus ini. "Termasuk, memainkan peran kami sebagai penyedia layanan e-money untuk terus menggerakkan roda perekonomian nasional, khususnya di ranah ekonomi digital,” ujar Karaniya Dharmasaputra, Presiden Direktur OVO.

Karaniya menambahkan, “Untuk itulah, OVO menggarisbawahi komitmen kami untuk secara proaktif dan tanpa henti mencari cara-cara inovatif untuk meringankan dampak COVID-19 di seluruh lapisan masyarakat. Salah satu upaya kami adalah memberikan dukungan dan bantuan berupa dana sebesar Rp 1 miliar melalui Benih Baik, yang akan disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia, kepada barisan tenaga medis sebagai garda terdepan dalam memerangi pandemi ini. Bantuan berupa alat perlindungan diri seperti masker, pembersih tangan, multivitamin hingga sarung tangan sangat dibutuhkan ketika jumlah pasien terus melonjak.”

Semangat yang sama juga diwujudkan oleh Grab. "Melalui gerakan #KitaVSCorona, Grab berupaya untuk menyebarkan nilai-nilai positif, membangun keteguhan dan memberdayakan masyarakat Indonesia saat masyarakat bergotong royong untuk meratakan kurva pandemi. Sebagai bagian dari ekosistem digital terbesar di Indonesia, kami berkomitmen untuk mendukung kinerja tenaga medis sebagai garda terdepan di Indonesia untuk memerangi pandemi COVID-19. Dukungan menyeluruh juga diberikan kepada para mitra Grab yang bekerja keras memberikan pelayanan kepada masyarakat Indonesia dalam masa penuh tantangan ini. Donasi alat perlindungan diri bagi para garda terdepan profesi medis sangat penting untuk menjadi prioritas negara dan GrabHealth powered by GoodDoctor siap mendukung.” kata Neneng Goenadi, Managing Director, Grab Indonesia.

Grab Indonesia juga telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta bentuk dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan dan keberlangsungan hidup para Mitra. Dukungan yang disebut GrabCare tersebut berupa: Memberikan bantuan finansial bagi Mitra Pengemudi yang positif COVID-19, penyediaan 1 Juta Masker lewat PMI, ketersediaan cakupan asuransi Mandiri In-Health. Grab juga mendukung Mitra merchant GrabFood untuk memastikan para pelaku industri makanan & minuman mengimplementasikan standar keamanan dan kebersihan pangan yang tinggi agar pelanggan merasa aman sekaligus mendukung keberlangsungan bisnis industri makanan & minuman lokal, terutama UMKM kuliner.

Langkah positif ini disambut baik oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo. "Melalui BenihBaik.com yang dikoordinir oleh Bapak Andy Noya sebesar Rp5,2 miliar. Dana ini kembali kami dedikasikan untuk tim tenaga kesehatan yang telah menjadi bagian yang sangat strategis, sangat penting dalam penanganan Covid-19 termasuk untuk memberikan bantuan logistik, bantuan obat-obatan kepada para dokter para perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Supaya mereka bisa mendapat dukungan yang baik, sebagai pekerja terdepan bisa mendapatkan perhatian yang optimal."

Komentar Anda

BACA JUGA
Nasional | Rabu, 1 April 2020 | 17:56 WIB
Ekonomi | Rabu, 1 April 2020 | 17:50 WIB