Minggu, 25 Oktober 2020 | 12:33 WIB

Komisi IV DPRD Jabar: Rusunawa Efisien Dalam Penggunaan Lahan

Sabtu, 19 September 2020 | 06:02 WIB - wry

PURWAKARTA, - WALIMEDIA – Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat dorong pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Kabupaten Purwakarta. Mengingat di wilayah itu banyak perusahaan yang mempekerjakan banyak karyawan.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Kasan Basari mengatakan, di wilayah Kabupaten Purwakarta terdapat perusahaan besar dan memperkerjakan karyawan dengan jumlah banyak. Sehingga perlu bantuan pembangunan tempat tinggal, terutama bagi mereka yang belum memiliki tempat tinggal yang layak.

“Kalau ditempatkan di rusunawa dengan sewa yang begitu murah setidaknya (karyawan) sedikit terbantukan,” ujar Kasan, saat meninjau Pembangunan Rusunawa dalam rangka monitoring kegiatan Tahun Anggaran (TA) 2020 sekaligus melakukan evaluasi dan melihat progres pembangunan Rusunawa Rabu, (16/09/2020).

Terkait monitoring dan evaluasi pembangunan Rusunawa, Kasan menjelaskan, pemerintah Provinsi Jawa Barat hanya menyediakan lahan, sementara untuk pagu anggarannya bersumber dari pemerintah pusat. Oleh karena itu, Komisi IV harus mengetahui lebih mendalam terkait progres pembangunan rusunawa. Termasuk target waktu maupun progres anggarannya.

Kasan berharap, pembangunan rusunawa kedepan lebih ditingkatkan terutama dari sisi infrastrukturnya. Bukan seperti sekarang ini, yang hanya membangun tiga lantai. Padahal, lahan yang tersedia masih cukup memadai untuk dibangun lebih dari tiga lantai. Ia juga berharap pemprov Jabar harus dapat meyakinkan pusat tentang Rusunawa tersebut. Agar rusunawa bisa ditingkatkan menjadi beberapa lanta

“Pemerintah provinsi harus mampu meyakinkan pemerintah pusat terkait dengan program pembangunan rusunawa ini. Supaya nanti bisa ditingkatkan, lebih dari tiga lantai. Soalnya banyak manfaat dan efisien dalam penggunaan lahan,”katanya.(spn/wm)

Komentar Anda

BACA JUGA
Ekonomi | Selasa, 20 Oktober 2020 | 10:31 WIB
Ekonomi | Jumat, 23 Oktober 2020 | 16:05 WIB
Peristiwa | Selasa, 20 Oktober 2020 | 16:28 WIB