Senin, 26 Oktober 2020 | 22:02 WIB

Bupati Marwan Tinjau Lokasi Banjir Bandang Dicicurug Sukabumi

Selasa, 22 September 2020 | 19:26 WIB - Iyan Sopyan

SUKABUMI KAB,-- Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami meninjau lokasi banjir bandang dikampung Nyangkowek Desa Mekarsari dan Kampung Cibuntu Desa Pasawahan Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi Jawa Barat Selasa 22 September 2020.

Bencana banjir bandang yang melanda kecamatan Cicurug terjadi pada hari Senin 21 September 2020 sekira pukul 17.00 WIB, yang diakibatkan curah hujan tinggi serta diduga terjadi penyumbatan sungai akibat sampah, sehingga luapan air sungai Citarik-Cipeuncit mencapai ketinggian lebih kurang 5 sampai dengan 6 meter

Atas kejadian tersebut Bupati Sukabumi yang langsung turun kelokasi, bersama Kapolres Sukabumi, akan melakukan kajian, sebagai bahan evaluasi penyebab terjadinya banjir bandang tersebut.

Menurutnya, curah hujan pada hari Senin 21 September tidak begitu tinggi, mungkin ada yang terganggu secara ekosistem, dan itu harus menjadi perhatian bersama, tegas H. Marwan.

Bupati Marwan, juga menegaskan “Ada banyak penyebab yang dapat mengakibatkan bencana banjir tersebut, dari mulai pembangunan rumah dibantaran sungai, membuang sampah dan bahan material ke sungai hingga terjadi penyempitan aliran yang mengakibatkan luapan, tandasnya.

Sementara Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sukabumi Maman Sulaeman menjelaskan “Pihaknya telah melakukan penanganan terkait kejadian banjir tersebut dengan melibatkan lebih kurang 500 tenaga relawan terdiri dari anggota TNI, Polri, BPBD, BASARNAS, Tim BAZNAS Tanggap Bencana Kab. Sukabumi serta Relawan-relawan lainnya

Selain itu kata Maman lagi. “Kita juga telah mendirikan posko utama, posko logistik, posko kesehatan dan dapur umum yang bisa menyiapkan 1500 bungkus makanan siap saji persatu kali masak, jelasnya.

Komentar Anda

BACA JUGA
Ekonomi | Jumat, 23 Oktober 2020 | 17:18 WIB
Dunia | Minggu, 25 Oktober 2020 | 05:33 WIB