Jumat, 29 Mei 2020 | 07:39 WIB

Potensi Wisata Desa Kabupaten Sumedang Harus Terus Digali

Selasa, 24 Maret 2020 | 09:04 WIB - Ismet

SUMEDANG,- Banyaknya potensi wisata yang ada di setiap desa di wilayah Kabupaten Sumedang, hendaknya bisa tergali dan dikembangkan menjadi tempat wisata baru. Selain dapat menambah objek wisata di Kabupaten Sumedang, keberadaan wisata desa ini dipastikan juga dapat menambah pendapatan desa.Senin (23/3/20202).

Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Hari Tri Santosa mengatakan, seluruh komponen masyarakat baik perangkat desa, BPD, kompepar, Karang Taruna harus bersama sama dalam menggali potensi desa dari sektor wisata. "Apalagi Bupati Pak Dony sebelumnya telah mencanangkan kalau Sumedang sebagai Kabupaten Pariwisata, " katanya.

Diakui Hari, desa-desa di Kabupatem Sumedang rata rata memang memiliki lokasi yang bisa diandalkan menjadi lokasi wisata. "Tinggal bagaimana desa tersebut bisa menggali dan mengembangkannya, apalagi saat ini dana desa juga bisa digunakan untuk pengembangan tempat wisata," katanya.

Mengenai lokasi pasir putih yang ada di Desa Padaasih, Kecamatan Paseh yang bisa dikembangkan menjadi lokasi wisata, sejauh ini Disparbudpora belum menerima laporan resmi.  "Kami belum menerima laporan dari masyarakat maupun pemerintah desa terkait pasir putih ini," jelas Hari.

Namun demikian Haripun berharap pemerintah desa maupun masyarakat sekitar dapat mengembangkannya hingga menjadi tempat wisata baru yang memiliki nilai jual. "Ya tentunya kami berharap adanya lokasi wisata di Desa bisa menggerakan ekonomi masyarakat sekitar," katanya. (spn smd)



Komentar Anda

BACA JUGA
Dunia | Senin, 25 Mei 2020 | 16:03 WIB