Sabtu, 31 Oktober 2020 | 05:04 WIB

Kampung Budaya Pertamina Bangun Ruang Tamu Khusus Wisatawan Tubo

Senin, 12 Oktober 2020 | 13:17 WIB - Oos

TERNATE, - Pariwisata dan kebudayaan daerah bisa dimaksimalkan menjadi daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Terlebih jika dibalut kekhasan budaya setempat dapat dipastikan para wisatawan akan dibuat terkesima, seperti halnya Tubo yang dikenal sebagai kampung tertua di Ternate Utara. Melihat potensi tersebut Pertamina DPPU Baabullah dan Dompet Dhuafa Pendidikan menginisiasi program Kampung Budaya (Rumah Pintar dan Heritage Village) dan Rumah Pintar sebagai wadah pemaksimalan budaya di Tubo.

Berlokasi di rumah warga setempat, pada Minggu (11/10) berlangsung penyerahan fasilitas homestay setelah sebelumnya dilakukan FGD pembentukan pengurus. Homestay ini berfungsi sebagai “ruang tamu” agar para wisatawan bisa rehat setelah sampai di Tubo.
“Adanya homestay di Tubo sejalan dengan program pemerintah untuk membangun kelurahan yang ramah wisatawan dengan potensi-potensi yang ada di kelurahan ini seperti Batik Malefo, Stik Pala, Minyak Cengkeh, dan lainnya. UKM di Tubo merupakan bagian dari pembinaan Pertamina juga. Saya sangat mendukung program ini, semoga ke depannya Tubo bisa menjadi percontohan Kampung Budaya,” ucap Djiko Tamam, Kepala Kelurahan Tubo.

Djiko menambahkan bahwa homestay ini dikelola lima orang yang ahli seputar Tubo, mereka berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada siapapun yang berkunjung di Tubo. “Dengan adanya homestay di Tubo, diharapkan para wisatawan bisa menikmati indahnya Tubo dan membuat Tubo semakin dikenal,” terangnya.

Inisiasi homestay di Tubo menjadi aspek penunjang program Kampung Budaya Pertamina. Selain itu Tubo direncanakan menjadi destinasi wisata dan budaya sesuai dengan prosedur dan standar protokol kesehatan yang ditetapkan. (ARxMI)

Komentar Anda

BACA JUGA
Nasional | Kamis, 29 Oktober 2020 | 08:27 WIB