Minggu, 22 September 2019 | 17:34 WIB

Akuntansi Sektor Publik PHB Jalin Kerjasama Dengan UT

Rabu, 11 September 2019 | 18:40 WIB - Ahmad Wahidin

TEGAL - Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP), Politeknik Harapan Bersama (PHB) menjalin kerjasama di bidang akademik guna pengembangan sistem pembelajaran secara online dengan Universitas Terbuka di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi Lt III Universitas Terbuka, Senin (9/9).

Dekan Fakultas Ekonomi Universitras Terbuka (UT) Dr. Ali Muktiyanto, SE, M.Si memaparkan bahwa UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

 “Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat),” ujarnya.

Ketua Program Studi Akuntansi Keuangan Publik Universitas Terbuka Dr. Noorina Hartati, SE, M.Sc, menambahkan bahwa kurikulum yang saat ini berjalan masih terus dikembangkan dengan melibatkan pertimbangan dari beberapa stakeholder dan Asosiasi seperti Forum Dosen Akuntan Publik dan Ikatan Akuntansi Indonesia.

“Besar harapan kami dapat terjalin kerjasama di bidang akademik pengembangan sistem pembelajaran online dan pengembangan tridharma perguruan tinggi. Karena Prodi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Politeknik Harapan Bersama membuka kelas khusus perangkat desa artinya dengan pengembangan sistem pembelajaran online nantinya mampu diterapkan dan dikembangkan guna meningkatkan kualitas pembelajaran”, tegas Ketua Prodi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik Nurul Mahmudah, SE, M.Si, Ak, CA yang didampingi oleh Staf Pusat Perencanaan Pengembangan dan Kerjasama PHB Arifia Yasmin, SE, M.Si, Ak.

Ketua Juruan Akuntansi Universitas Terbuka Dr. Etty Puji Lestari menambahkan selain sistem pembelajaran secara online bahwa universitas terbuka memiliki pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat hal ini dibuktikan dengan adanya jurnal organisasi dan manajemen (JOM) yang sudah terakreditasi Sinta 3 dan juga memiliki jurnal Dimensi (Pengabdian Kepada Masyarakat) yang sudah memiliki banyak Index.(hid/gen).

Komentar Anda

BACA JUGA
Polkum | Rabu, 18 September 2019 | 06:29 WIB
Polkum | Kamis, 19 September 2019 | 20:34 WIB