Senin, 17 Februari 2020 | 08:06 WIB

Pemprov Jabar Hibahkan 100 Ha Bangun Laboratorium Pengembangan Lebah

Jumat, 10 Januari 2020 | 15:10 WIB - Asep Ruslan

Ir. Rachmat Taufik Garsadi, M.Si., bersama Ir. H. Asep Ruslan Pengurus Asosiasi Perlebahan Indonesia Daerah Jawa Barat (Apida Jabar) di acara Grand Launching BBS (SPN/Asep Ruslan)

BANDUNG - Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Barat, Ir. Rachmat Taufik Garsadi, M.Si., usai sambutan atas nama Gubernur Provinsi Jawa Barat dan membuka acara Grand Launching Bandung Bee Sanctuary (BBS) yaitu pusat pembudidayaan dan edukasi lebah berbasis teknologi di Bandung. Dimana BBS kolaborasi Universitas Padjadjaran (Unpad) dengan The Local Enablers, sebuah ekosistem kewirausahaan sosial berbasis teknologi yang mengedepankan aspek lokalitas menjadi kekuatan ekonomi masyarakat. Berlokasi di belakang gedung Biro Pelayanan dan Inovasi Psikologi (BPIP) Unpad Jl. Ir. H. Juanda 438B, Bandung, Jum'at (10/1/2019).

Kepada Sinarpaginews mengatakan, bahwa pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat mendukung dan apresiasi sekali dengan adanya program BBS ini.

“Kami dari Pemprov Jabar sangat mendukung dan apresiasi sekali karena selama ini pemberdayaan masyarakat itu yang paling susah, diseminasinya itu memang karena kita masih menggunakan cara-cara konvensional. Dengan sistem dan teknologi inovasi millenial akan lebih menarik anak muda yang lebih dinamis. Karena yang selama ini bergerak di budidaya lebah itu biasanya di atas usia 40 tahun, malah ada yang diatas 60 tahun,” katanya.

Ir. Rachmat Taufik Garsadi, M.Si., saat memberikan sambutan di acara Grand Launching BBS (SPN/Asep Ruslan)

“Dengan menggabungkan teknologi dan inovasi, maka budidaya perlebahan ini akan berkembang dengan cepat yang memang selama ini belum pernah disentuh. Padahal ini sangat potensi sekali untuk bisa menyerap tenaga kerja, peningkatan kesejahteraan tanpa merusak lingkungan. Malah ini dapat mengurangi jumlah lahan-lahan kritis di Jawa Barat,” tambahnya.

Ir. Rachmat Taufik Garsadi, M.Si. bersama Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E,, M.SIE. dan Pengurus Asosiasi Perlebahan Indonesia (API) Pusat H. Rosjid Mansur di acara Grand Launching BBS (SPN/Asep Ruslan)

Menurutnya, Pemrov Jabar akan menghibahkan lahan seluas 100 Ha untuk dibangun laboratorium pengembangan lebah di desa Cikanyere, kecamatan Sukaresmi, kabupaten Cianjur.

“Saat ini Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kehutanan berkolaborasi dengan Unpad membangun breeding center Trigona. Bahkan dalam waktu dekat ini Pemprov Jabar akan menghibahkan 100 Ha lahannya yang terletak di wilayah desa Cikanyere Cianjur untuk dibangun laboratorium pengembangan lebah,” pungkasnya.

Komentar Anda

BACA JUGA
Pendidikan | Sabtu, 15 Februari 2020 | 23:03 WIB
Polkum | Kamis, 13 Februari 2020 | 13:00 WIB