Jumat, 25 September 2020 | 00:28 WIB

SIMPATI: Cintai dengan menanam

Muspida Garut Digandeng Relawan Tanam 50 Ribu Pohon

Rabu, 15 Januari 2020 | 19:27 WIB - Dimas Madia

Relawan IMPESA dan Relawan LKS Al Hikmah saat penanam 50 ribu pohon di Garut, Rabu (15/01/2020).
LELES - Relawan Insani Motekar Penggiat Nusantara (IMPESA) dan Lks Al Hikmah bersama unsur Musyawarah Pimpinan Daerah Kabupaten Garut serta organisasi kemasyarakatan lainnya melakukan reboisasi ke beberapa wilayah di Kecamatan Leles Kabupaten Garut.
 
Pada reboisasi itu pihaknya menanam sejumlah 50.000 bibit pohon berukuran -+ 30 cm dengan beberapa jenis yang berbeda diantaranya pohon jambu, pete, mangga, kibeusi, alpukat, durian, alba, jati dan jabon.
 
Pada agenda itu, Wakil Bupati Kabupaten Garut Dr. H Helmi Budiman mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada seluruh unsur penyelenggara reboisasi yang telah berkorban menjadi relawan demi menyelamatkan alam ini.
 
 
 
"Kepedulian ini adalah sesuatu hal yang mesti terus dibangun oleh semua unsur masyarakat," kata Helmi saat memberikan pengarahan dihadapan relawan dan unsur masyarakat lainnya, Rabu (15/01/2020), dilokasi reboisasi, Desa Haruman, Leles, Kabupaten Garut.
 
Pada kesempatan kegiatan itu, Wakil Bupati Kabupaten Garut, Helmi meminta, agar seluruh elemen masyarakat ini tetap memelihara Garut sebagai wilayah yang dikenal hijau dan asri.
 
"Kita tahu Bandung itu wilayah yang mengedepankan pemeliharaan arsitektur, seperti bangunan - bangunan di Jl Asia Afrika, serta gedung - gedung baik bersifat monumen maupun penginapan seperti hotel dan lain - lain, nah, maka dari itu, tetap jadikan garut sebagai kota wisata yang asri dan itu sudah sejak lama dirancang seperti ini," kata Helmi.
 
Pada kesempatan lainnya, Pengurus pusat relawan Lks Alhikmah, H. Asep Anjar Rahman Sondjaja mengatakan, maksud dan tujuan penyelenggaraan reboisasi ini adalah upaya penanggulangan alam yang saat ini dianggap kritis, menurutnya, kekritisan itu terbukti banyaknya terjadi bencana diantaranya di provinsi Jawa Barat dan Banten.
 
"Lks Alhikmah dan IMPESA akan terus menggalakkan agenda reboisasi, kita ajak pemerintah dan unsur masyarakat lainnya, agar ikut serta terjun berkontribusi untuk alam ini," kata anjar saat diwawancarai wartawan dilokasi yang sama.
 
Anjar menuturkan, dalam penyelenggaraan reboisasi ini pihaknya berterima kasih terutama kepada Lsm Ragab Garut, unsur Muspida, para Dinas, Muspika Leles dan Elemen masyarakat lainnya.
 
"Alhamdulillah, Lsm Ragab banyak berkontribusi dalam agenda peduli lingkungan ini, kita akan selalu mengajak masyarakat agar faham akan pentingnya memelihara alam melalui edukasi dan gelaran - gelaran reboisasi seperti ini," Ucap Anjar.
 
Selain itu, hadir ikut serta pada agenda reboisasi tersebut, Mahasiswa STAI Siliwangi Garut, Relawan Mahasiswa tanggap Bencana, tokoh agama, ulama dan assatidz Garut seperti Ustadz Asep Maulan pimpinan Garut Gerakan Reformasi Islam (Garis), Ustadz Addien, Para ulama di Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Garut dan tokoh - tokoh lainnya.

Komentar Anda

BACA JUGA
Polkum | Rabu, 23 September 2020 | 14:22 WIB
Nasional | Rabu, 23 September 2020 | 13:38 WIB