Jumat, 25 September 2020 | 00:52 WIB

Open House TI-Poltek HB : Yang Lain Pamer Proses, Kami Pamer Hasil

Kamis, 16 Januari 2020 | 16:35 WIB - Ahmad Wahidin

TEGAL, --  Prodi TI (Teknik Informatika) Poltek HB (Politeknik Harapan Bersama) mengundang ratusan siswa-siswi SMA / SMK di wilayah Tegal dan Brebes untuk menghadiri kegiatan yang diberi tema : Open House Informatics Engineering. Kegiatan yang dilangsungkan di ruang Aula sejak pukul 09.00 wib itu dilaksanakan tepat sebelum acara seminar Artificial Intelligence yang merupakan rangkaian dari event Inforsary #7 (Informatics Anniversary) = perayaan ulang tahun Program Studi TI Poltek-HB yang ke 7.   

Kegiatan yang langsung dipimpin dan diisi oleh Ginanjar Wiro Sasmito selaku Ketua Prodi TI-Poltek HB itu dihadiri oleh ratusan siswa-siswi SMK/SMA beserta guru pendamping. Dalam kegiatan tersebut, Ginanjar menyajikan materi mengenai : Mengapa Harus Memilih kuliah Prodi TI dan Mengapa Harus Memilih untuk Kuliah Prodi TI di Poltek-HB. Dalam sesi penyajian materi, ia sampaikan bahwa dalam menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 yang menyebabkan hilangnya ratusan jenis profesi / pekerjaan dan munculnya beberapa jenis pekerjaan baru, kuliah dengan jurusan / prodi TI merupakan pilihan yang tepat. Ini dikarenakan segala sesuatunya sekarang bisa diselesaikan dan dikendalikan menggunakan sistem digital atau sistem komputer. Tidak dipungkiri hal ini karena kemajuan dan perkembangan Software Engineering, Artificial Intelligence, Big Data, Cloud Computing, Internet of Thing, dan Teknologi 4G yang sebentar lagi akan segera beralih ke 5G.

Dalam sesi yang sama Ginanjar juga memamerkan serangkaian prestasi mahasiswanya dalam kompetisi IT tingkat Nasional yang telah menjadi Juara. Ia katakan bahwa selama 7 tahun Prodi TI Poltek HB berdiri, terdapat 14 tim mahasiswa yang telah mendapatkan nominasi sebagai Juara tingkat Nasional, ini belum menghitung jumlah juara di tingkat provinsi maupun regional. Disamping memamerkan prestasi mahasiswanya ia juga memamerkan puluhan alumni yang telah bekerja sebagai IT Profesional di perusahaan – perusahaan skala nasional, seperti : PT. Lion Air, Grab Indonesia, Bukalapak, Tiket.Com, Blibli.Com, Viva.Co.Id, Kompas Gramedia dan masih banyak yang lainnya.

Setelah memamerkan sederet prestasi yang cukup membanggakan itu, ia menambahkan bahwa Open House Informatics Engineering yang kita selenggarakan poin pentingnya adalah bahwa untuk bisa mendapat hasil yang membanggakan itu, proses yang dilalui pastinya tidak semudah apa yang dibayangkan. Akan tetapi kami cukup berbangga hati bahwa ketika yang lain masih memamerkan proses, kami sudah bisa memamerkan hasil, tambahnya. Masih dalam kegiatan yang sama, peserta kegiatan Open House Informatics Engineering tampak sangat antusias dalam memperhatikan pemaparan dari Ginanjar, beberapa guru dan siswa pun terlihat sangat bersemangat dalam mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab yang dibuka oleh Ginanjar.

Secara terpisah, Mc. Chambali selaku Direktur mangatakan bahwa ia sangat berbangga hati dengan prodi yang dipimpin oleh Ginanjar, ini dikarenakan luaran yang dihasilkan oleh Prodi tersebut sangat memuaskan, baik prestasi maupun serapan alumni di dunia kerja. Ia menaruh harapan yang besar untuk kemajuan dan perkembangan prodi TI ini hingga bisa berdaya saing di tingkat Global.

Komentar Anda

BACA JUGA
Pariwisata | Minggu, 20 September 2020 | 06:59 WIB
Nasional | Minggu, 20 September 2020 | 06:01 WIB
Nasional | 17 jam lalu