Sabtu, 8 Agustus 2020 | 12:15 WIB

Menarik, Pondok Quran Yatim Dhu’afa Al-Fitra Hadir di Kawasan Dalam Kota Bandung

Kamis, 2 Juli 2020 | 20:54 WIB - Dimas Madia

Ustadz Jadid, menggunakan peci hitam (Tengah), bersama santri unggulan hapalan Tahfidz, Kamis (2/7). Foto: istimewa.
BANDUNG – Yayasan Wahana Kurnia Fitra (YWKF) membuat gebrakan yang cukup menarik dengan mendirikan Pondok Qur’an Yatim Dhuafa ditengah kawasan Kota. Lokasi itu tepatnya, di Jalan Udawa No. 12 RT 01, RW 04, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung.
 
Gebrakan ini dinilai langka oleh masyarakat. Pasalnya, pondok qur’an yatim dan dhu’afa tersebut biasanya diadakan di daerah-daerah pelosok atau dalam perkampungan. Namun, pondok qur'an yatim dan dhu’afa Al-fitra ini justru berada di kawasan wilayah dalam Kota.
 
Pimpinan Pondok Qur’an Yatim dan Dhuafa Alfitra, Jadid Supriyanto S.Sy yang akrab disapa ustadz Jadid mengatakan, pondok ini berdiri pada tahun 2018, menurutnya sejak awal berdiri pondok ini dikonsep bertujuan mencegah putus sekolah dan keterlantaran anak yang berada dikawasan Kota.
 
Kehangatan para santri yatim bersama Ustadz Jadid. Foto: Istimewa.
 
“Tidak menafikan ditengah Kawasan Kota, ternyata di Kota masih ada juga anak usia dini dalam kondisi terlantar, pondok ini sebagai solusi untuk meringankan Pemerintah menangani keterlantaran anak,” Kata ustadz Jadid, kepada www.sinarpaginews.com, Kamis (2/7), di Pondok Quran Yatim Dhu’afa Al-Fitra, Jalan Udawa No. 12 RT 01, RW 04, Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung.
 
Selain itu, kelebihan pondok Quran Yatim Dhu’afa Al-Fitra ini adalah mengedapankan kualitas anak terhadap mendalami dan menghafal hingga tahfidz Qur’an pada penerapan kegiatan belajar mengajar (KBM) nya.
 
“Kita utamakan akhlaknya dengan KBM unggulan kita, yaitu pendalaman Qur’an, penghafalan dan tahfidz,” Tambah ustadz Jadid.
  
Saat ini, pondok Quran Yatim Dhu’afa Al-Fitra memiliki santri asuhan kurang lebih 100 orang, dari usia dini hingga remaja, sebagian besar dari kalangan anak yatim karena keterlantaran.
 
Selain mengurus para santri, Pimpinan Pondok tahfidz Al-fitra, Ustadz Jadid, gemar berbagi kepada fakir miskin disekitarnya.
 
Sehari-hari anak-anak dididik secara reguler dengan KBM unggulannya, pada saat dikunjungan wartawan, anak-anak terlihat berceria dan sukaria saat dibimbing oleh para pengasuh.
  
Selain keceriaan dan sukaria, anak-anak dibimbing oleh para pengasuh yang terasa ikhlas, seakan orang tua mendidik anak kandungnya sendiri.
 
Menurut ustadz Jadid, para pengasuh disini dilatarbelakangi pekerjaannya adalah sebuah amal sholeh, upah mereka pun tidak seperti upah seyogyanya pondok pesantren diluar sana.
  
"Alhamdulillah, dengan niat amal ibadah yang kuat, para pengasuh tetap semangat memaksimalkan bimbingannya," tuturnya.
 
Saat ditanyai biaya asuhan anak dan oprasional para pengasuh, ustadz Jadid mengatakan, sumbernya didapat dari sukarela dan donasi sosial, jika tidak mencukupi pihaknya mengeluarkan dana secara pribadi.
 
"Alhamdulillah, ada rezeki dari agniawan menjadi penambah kas kegiatan pondok anak, jika tidak ada saya keluarkan secara pribadi," ungkapnya.
 
Jika pihak lainnya hendak berzakat atau infaq dan shodakoh, hal itu sangat bermanfaat bagi pengoptimalan KBM Pondok Tahfidz Alfitra.
 
Masyarakat dapat mengeluarkan ZIS nya ke rekening BRI dengan nomor (0776-01-0064-1550-1), BCA (5150-9882--60) a.n Yayasan Kurnia Fitra dan Jadid Supriyanto.
  
Selain itu, pihaknya membuka wakaf dan pelaksanaan qur'ban menjelang iedul adha yang akan segera berlangsung dengan menghubungi nomor telpon (081299089595), pembukaan wakaf itu menurut ustadz Jadid guna memperluas mendirikan pondok didaerah lainnya.
  
"Saya juga berterima kasih kepada para donatur yang sudah membantu pembiayaan anak-anak dalam KBM nya sehari-hari, insya alloh kami beserta anak-anak mendoakan para donatur dengan sebaik-baiknya, dan kita tahu doa anak sholeh dan para yatim yang insya alloh sangat berharga," tutupnya.

Komentar Anda

BACA JUGA
Nasional | Senin, 3 Agustus 2020 | 20:44 WIB
Pendidikan | Senin, 3 Agustus 2020 | 21:50 WIB
Nasional | Selasa, 4 Agustus 2020 | 17:05 WIB