Kamis, 14 November 2019 | 17:59 WIB

Melek Hukum, Cara Menghindari Jeratan Hukum

Kamis, 3 Oktober 2019 | 17:11 WIB - Ahmad Wahidin

BREBES - Seluruh warga negara Indonesia harus melek hukum, agar terhindar dari jeratan hukum. Pasalnya, pelanggaran terhadap hukum akan berdampak pada suramnya masa depan karena di penjara ataupun denda yang besar. Untuk itu, masyarakat harus benar-benar mengetahui hukum yang berlaku di negara Indonesia.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH pada pembukaan Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) di Pendopo Bupati, Selasa (1/10).

Narjo wanti-wanti kepada hadirin, agar dalam menjalani kehidupan jangan sampai melanggar hukum. Pelanggaran hukum tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga keluarga, masyarakat dan bangsa. Sudah seharusnya, sejak dini masyarakat paham akan hukum yang dimulai dari keluarga ataupun komunitasnya.

“Mari, kita tanamkan kesadaran hukum semenjak dini yang diawali dari keluarga masing-masing,” pesan Narjo.

Narjo mengaku bangga karena remaja Kabupaten Brebes sudah banyak yang telah sadar dan mengerti akan Hukum. Terbukti dari lomba kadarkum ini mayoritas berstatus pelajar.

Narjo berharap, ketika nanti bertanding di tingkat provinsi mampu menunjukan prestasi demi mengharumkan Kabupaten Brebes. Dia juga berharap, perwakilan Brebes bisa melaju hingga ke tingkat Nasional.

Lomba Kadarkum dalam bentuk cerdas cermat tersebut akhirnya di menangkan oleh regu dari Madrasah Aliyah (MA) Negeri 1 Brebes. Juara 2 diraih PGRI Brebes, juara 3 Bhayangkari Polres Brebes dan juara 4 SMA N 2 Brebes.
Juara I mewakili Kabupaten Brebes dalam lomba yang sama yg diselenggarakan Tingkat Propinsi Jawa tengah.

Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Brebes Moh Samsul Kharis SH MH menjelaskan, Lomba Kadarkum 2019 diikuti 16 regu yang berasal dari berbagai elemen masyarakat, dari pelajar hingga organisasi kemasyarakatan.

Komentar Anda

BACA JUGA
Nasional | Minggu, 10 November 2019 | 20:45 WIB
Ekonomi | Senin, 11 November 2019 | 20:18 WIB