Senin, 24 Februari 2020 | 09:22 WIB

Polri Peduli Penghijauan, Polres Garut Tanam 44.000 Bibit Pohon

Sabtu, 11 Januari 2020 | 05:53 WIB - Usep Deni Yanto

GARUT, -- Sebagai bukti nyata kepedulian Polri terhadap penghijauan lingkungan, jajaran Polres Garut Bersama Kodim 0611 Garut dan Pemerintah daerah Kabupaten Garut melaksanakan kegiatan penanaman pohon dan penghijauan secara serentak seluruh Indonesia yang dipusatkan daerah Kamojang Samarang Garut, Jumat (10/1/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolres Garut Kompol Abdul Kholik mewakili Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansyah, Dandim 0611/ Garut Letkol Inf Erwin Agung TWA, Asissten Satu H Nurdin Yana, Kepala Badan Kesbangpol Wahyudin, Kasat Pol PP Hendra Gumilang, manajemen Indonesia Power, manajemen PLTU Kamojang serta tamu Undangan.

Wakapolres mengucapkan permohonan maaf atas ketidak hadiran Bapak Kapolres, beliau hari ini sedang menghadiri acara di Cikeas Kabupaten Bogor.

"Namun Bapak Kapolres Garut memberikan amanat dalam bentuk sambutan yang saya akan bacakan," ujarnya.

Mengawali sambutannya, Wakapolres mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara serentak program Polri Peduli Penghijauan di seluruh Polres dan Polda se Indonesia, dengan tujuan menciptakan penghijauan dan melestarikan bumi Indonesia dalam hal ini khususnya di kabupaten Garut.

”Untuk Polres Garut sendiri dipusatkan di daerah Kamojang kecamatan Samarang kabupaten Garut,” kata Wakapolres Kompol Abdul Kholik.

Masih kata Wakapolres, gerakan menanam pohon di wilayah hukum Polres Garut sebenarnya sudah berjalan sejak akhir Desember 2019 dengan sasaran di tanah milik Polri dan umum.

”Penanaman pohon dilaksanakan di Mapolres, Rumah Dinas, Kantor Polsek–Polsek di wilayah hukum Polres Garut, dengan luas tanah sekitar 16 Ha dan jumlah pohon 42.000 pohon, khusus dalam kegiatan ini yang kita tanami seluas 4 Ha dengan jumlah pohon 2.000 pohon serta jenis pohon bermacam–macan,” terangnya.

Menurut Wakapolres, program penanaman pohon ini sangat bermanfaat bagi masa depan, banyak yang bisa kita nikmati keberadaan tanaman disekitar kita.

”Keberadaan Pohon sangat banyak manfaatnya, selain untuk lingkungan lebih hijau, asri dan sejuk, serta dalam rangka antisipasi bencana longsor,” ungkap Abdul Kholik.

Wakapolres berharap, program ini jangan hanya untuk jangka pendek saja, ke depan apa yang kita tanam saat ini bisa di jaga dan di rawat dengan baik.

”Saya berharap dengan satu penanaman saat ini ada sejuta manfaat yang dapat dirasakan di masa yang akan datang,” tuturnya.

Sementara itu, Dandim 0611 Garut mengatakan, untuk mengantisipasi bencana di kabupaten Garut, dalam waktu dekat ini akan digelar apel siaga tanggap bencana.

”Kita semua telah siap untuk mengantisipasi bencana seperti apa yang diketahui Garut merupakan daerah Mitigasi Bencana, jadi meskipun ini belum terjadi tapi ini waktunya kita untuk melakukan mitigasi,” paparnya.

Ditambahkan Dandim, upaya – upaya mengantispasi bencana terus dilakukan untuk mengurangi dampak dari bencana apabila terjadi, untuk itu kami telah siapkan personil, material bahkan latihan–latihan menanganan bencana telah dilakukan.

"Untuk sekarang langkah–langkah jangka panjang telah kita lakukan dengan cara penanaman pohon oleh TNI di Hari Juang ke 74 dan saat ini oleh Polri Peduli Penghijauan,” pungkasnya.(spn/grt)


Komentar Anda

BACA JUGA
Peristiwa | Sabtu, 22 Februari 2020 | 21:52 WIB
Polkum | Kamis, 20 Februari 2020 | 08:25 WIB