Sabtu, 31 Oktober 2020 | 06:10 WIB

Pemulung Limbah Rumah Tangga Abaikan Protokol Kesehatan

Jumat, 16 Oktober 2020 | 15:27 WIB - Mochamad Irwanto

PURWAKARTA, Salah satu warga desa Babakan Ciao, rt12, rw, 05 Kecamatan Babakan Cikao Purwakarta, Ikam (42) yang berfropesi sebagai pemulung limbah rumah tangga selama sepuluh tahun, abakain protokol kesehatan sesui anjuran Gugus tugas Covid-19. Hal ini dihawatirkan akan penyebaran covid-19 di Purwakarta.

Ikam (42) asli Blanakan ini menuturkan pada spn.com, jumat, 16/10, selama menjalankan aktifitasnya sehari hari dari daerah satu ke daerah lain di Purwakarta dan daerah Klari Kabupaten Karawang, dirinya jarang memakai masker, atau pola 3 M, walaupun bosnya membagikan masker terhadapnya dan cuci tangan, baik dalam melakukan dan setelah, ia jarang melakukan ajuran protol kesehatan

"Saya memakai masker hanya di jalan saja dan cuci tangan setelah nyampe di gubuk tempat tinggal dan tempat limbah yang saya kumpul" ujarnya.

Dikatakannya, alasan dirinya tidak patuh memakai masker, ia merasa ngap memakainya, apa lagi jika mensortir barang plastik yang telah terkumpul.

Sementara terkait cuci tangan dengan memai sabun, "boro boro mencuci tangan dengan sabun, makan aja udah susah pa", katanya, diakuinya, penghasilan sehari hanya antara 50 ribu hinga 70 ribu rupiah. Beli sabunya udah berapa, ujar Ikam mengeluh.

Untuk mengupul bekas botol dan gelas aqua Ikam membuat rute perjalanan, dipagi hari dirinya ke daerah Kalari Kabupaten Karawang, semtara siang hingga malam hari di daerah Perkotaan Purwakarta.

Spn.com mencoba untuk memberikan penjelasan bahayanya covid-19 dan arahan sesuai arahan Protokol kesehatan pada Ikam, akhirnya dirinya dapat mengerti dan berjanji akan mematuhi protokol kesehatan kedepan guna menghidari Covid-19 dan kesehatan yang lebih Prima lagi, (Ms)

Komentar Anda

BACA JUGA
Sport | Selasa, 27 Oktober 2020 | 05:32 WIB
Polkum | Selasa, 27 Oktober 2020 | 17:20 WIB