Selasa, 10 Desember 2019 | 06:02 WIB

Kementan dan Swasta Bangun Gudang Hasil Pertanian Siap Ekspor

Selasa, 13 Agustus 2019 | 10:39 WIB - Chairul Ichsan

JAKARTA,  - Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Suwandi mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan gudang penyimpanan atau warehouse sebagai hub. Tempat ini untuk menampung hasil pertanian yang akan di ekspor dan didistribusikan ke supermarket.

"Di warehouse yang besar itu semacam kawasan berikat ada pelayanan bea cukainya ada pelayanan karantinanya," ujarnya.

Suwandi berujar, pembangunannya melibatkan pihak swasta dan telah dibangun di Sun City, Sidoarjo, Jawa Timur.

"Nanti produk-produk dari Jatim rapi dengan packaging atau di BUMD [Badan Usaha Milik Daerah] Jatim. Nanti didistribusikan ke seluruh supermarket di Indonesia, hasil ekspor akan hadir di singapura, hongkong, jepang," katanya.

Adapun pihak swasta juga berencana membangunnya di Belawan, Sumatera Utara; Batam, Kepulauan Riau; Banjarmasin, Kalimantan Selatan; dan Jakarta.

Namun, Ia mengaku belum mengungkapkan target penyelesaian beberapa gudang tersebut. "Ini kan belum ada menjadi ada. Jadi perlu proses konstruksi. Tapi, kalau yang di sana [Sidoarjo] sudah ada 8 ribu ton kapasistasnya," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga meluncurkan aplikasi Sarita (Sistem Informasi Tanaman Pangan) untuk mempertemukan petani dengan eksportir. Aplikasi ini dapat diakses di http://aplikasi2.pertanian.go.id/sarita/.

Dalam aplikasi itu, pengguna dapat mengetahui dimana lokasi sentral produksi, lokasi penjualan, lokasi pertanian, dan sebagainya.  "Nah kita menjembatani secara online melalui aplikasi itu, si petaninya sudah by name, itu seluruh indo, aplikasinya silakan di akses di web app kami," tuturnya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia mengekspor 15 ribu ton komoditas tanaman pangan selama Januari-Juni 2019 dengan nilai sebesar US$12,08 juta atau Rp170 miliar.

 

Komentar Anda

BACA JUGA
Ekonomi | Jumat, 6 Desember 2019 | 20:43 WIB
Peristiwa | Sabtu, 7 Desember 2019 | 18:45 WIB