Senin, 16 Desember 2019 | 06:31 WIB

Pesan Khusus Ibu Bupati Sumedang Kepada Para Suami untuk Cegah Stunting

Sabtu, 30 November 2019 | 21:27 WIB - Ismet

SUMEDANG, – Ibu Bupati Sumedang yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang Susi Gantini memberikan pesan khusus  kepada para suami yang ada di Sumedang. Pesan ini disampaikan khusus dalam upayanya mencegah stunting di Kabupaten Sumedang yang kini telah menjadi permasalahan bersama.

“Pesan saya untuk para suami adalah agar tidak lupa mengajak piknik para istri apalagi istrinya sedang hamil, jangan lupa yah, karena piknik dapat mencegah stress,” kata Susi saat memberikan pemaparan strategi PKK dalam mencegah stunting pada Forum Ilmiah yang diselenggarakan IDI Kabupatren Sumedang, Sabtu (30/11/2019).

Stunting itu harus dicegah sejak saat hamil muda. Itulah makanya para suami harus mengajak istrinya piknik untuk mencegah stress saat hamil muda. Apalagi jika kehamilannya adalah pertama kalinya. Begitu juga kepada para istri atau ibu yang mempunyai anak batita dan balita.

“Ibu harus juga diperhatikan kesehatan jiwanya misalnya dengan cara piknik agar mereka pun totalitas dlam merawat balitanya,” kata Susi.

Saran ini disampaikan Susi disamping saran-saran dan strategi lainnya dari sisi medis untuk mencegah stunting. Susi menyebutkan ada intervensi spesifik dan intervensi sensitif dalam pencegahan stunting. Intervensi sensitif yang relative lebih kompleks namun menghasilkan keberhasilan jangka panjang memang harus melibatkan banyak pihak. Termasuk tentang kondusivitas perekonomian yang seringkali menganggu konsentrasi ibu dalam mengurus anak atau mencukupi kebutuhan gizi anak.

Ininya, tegas Susi, berbagai upaya dilaksanakan oleh semua pihak dan stakeholder pemerintahan. Pasalnya, stunting ini berdampak sangat buruk dan berkepanjangan. Salah satunya adalah buramnya masa depan anak stunting akibat mal nutrisi dan gagal tumbuh anak secara normal yaitu postur tubuh yang pendek.(spn/hm)

Komentar Anda

BACA JUGA
Nasional | Rabu, 11 Desember 2019 | 19:22 WIB
Nasional | Jumat, 13 Desember 2019 | 20:17 WIB
Pendidikan | Kamis, 12 Desember 2019 | 22:21 WIB