Minggu, 5 Juli 2020 | 16:26 WIB

Menghadapi malam pergantian tahun, PD Kebersihan menurunkan 640 personil

Rabu, 1 Januari 2020 | 20:47 WIB - Asep Ruslan

BANDUNG, -- Khusus menghadapi malam pergantian tahun, PD Kebersihan menurunkan 640 personil. Para petugas kebersihan ini tersebar di seluruh penjuru Kota Bandung.

Penjabat Sementara Direktur Utama PD. Kebersihan, Gungun Saptari menyatakan, khusus di momen malam tahun baru 2020 ini petugas disiagakan di sejumlah lokasi. Utamanya, di titik keramaian yang menjadi pusat kegiatan masyarakat.

"Namanya ini operasi malam tahun baru, petugasnya tersebar di banyak titik di Kota Bandung. Paling dikawal titik keramaian kaya Alun-alun Bandung, Alun-alun Regol, Alun-alun Ujungberung, Gasibu. Pokoknya di tempat orang biasa kumpul," ucap Gungun, Selasa (31/12/2019).

Khusus di tahun baru ini, PD Kebersihan menyiagakan petugasnya selama 24 jam. Mereka di antaranya ditempatkan di Bandung bagian barat sebanyak 90 orang, selatan (330 orang), utara (100 orang) dan timur (47 orang). Kemudian bidang Pemrosesan, Pemilahan dan Pengolahan Sampah (P3S) sebanyak 7 orang, bidang teknik (16 orang) serta Pelsus, logistik dan bagian lainnya sebanyak 50 orang.

"Total 640 personil. Kita turunkan juga kendaraan truk 10 unit, kendaraan kancil 7 unit, kendaraan trida 44 unit dan mobil sapu 2 unit," ujarnya.

Gungun mengungkapkan operasi khusus ini guna memastikan Kota Bandung tetap bersih sekali pun menjadi pusat kegiatan melewatkan malam pergantian tahun. Terlebih, pada 1 Januari masih banyak masyarakat ataupun wisatawan yang kembali beraktivitas.

"Target kita besok clear, jangan sampai tahun baru pabalatak (berserakan) sampah. Warga pas keluar pagi, Bandungnya sudah enakeun gak kotor," tegasnya.

Gungun juga telah meminta kepada para petugas yang terjun pada operasi ini untuk menghitung jumlah timbulan sampah selama malam pergantian tahun. Sebab, bakal terjadi peningkatan volume sampah.

"Volume biasanya meningkat di malam tahun baru, walaupun tidak bertambah signifikan secara keseluruhan biasanya hanya kalau di titik tertentu pasti ada kenaikan," katanya.

Komentar Anda

BACA JUGA
Nasional | Jumat, 3 Juli 2020 | 19:24 WIB
Sport | Selasa, 30 Juni 2020 | 06:35 WIB