Kamis, 1 Oktober 2020 | 08:09 WIB

Urusan Gol, Manchester United Terbaik di EPL, Liverpool Hanya Nomor

Selasa, 31 Maret 2020 | 07:17 WIB - Chairul Ichsan

Manchester United memang tidak berada dalam kondisi yang bagus dalam beberapa tahun terakhir. Namun tim berjuluk Setan Merah itu diketahui merupakan tim dengan catatan gol paling subur sejak Premier League digelar.

Seperti yang sudah diketahui, Premier League pertama kali digelar pada musim 1992/1993 yang lalu. Kompetisi ini menggantikan The Football League First Division.

Hingga hari ini, kompetisi elit ini sudah digelar sebanyak 28 musim. Sejauh ini pula berbagai rekor apik tercipta di kasta tertinggi sepakbola Inggris.

Salah satunya mengenai rekor gol. Dalam 28 tahun ini ada sejumlah klub yang memiliki catatan gol yang begitu luar biasa.

Siapa sajakah klub-klub dengan catatan gol terbaik sepanjang Premier League digelar? Dan berapa jumlah total gol yang mereka ciptakan? Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Tottenham
Tim yang berada di peringkat lima sebagai tim dengan gol terbanyak di gelaran Premier League adalah Tottenham Hotspur. Tim asal London Utara itu tercatat mengemas 1594 gol sepanjang sejarah mereka.

Tottenham memang memiliki reputasi sebagai tim kuda hitam di Premier League. Mereka selalu bersaing untuk berada di papan atas klasemen Premier League.

Tottenham mencatatkan rekor musim tertajam mereka pada musim 2016/2017. Dibawah bimbingan Mauricio Pochettino dan dimotori keganasan Harry Kane, The Lillywhites mengemas total 86 gol sepanjang musim tersebut.

Harry Kane selaku top skor sepanjang masa klub menjadi pemain Tottenham dengan jumlah gol terbanyak di EPL dengan 136 gol, diikuti oleh Teddy Sheringham 97 gol dan Jermain Defoe yang membuat 91 gol.

Chelsea
Tim Inggris dengan jumlah gol terbanyak keempat sepanjang sejarah dipegang oleh Chelsea. The Blues membuat total 1821 gol dalam 28 musim Premier League.

Pada awal digelarnya EPL, Chelsea bisa dikatakan hanya tim papan tengah di Inggris. Namun semenjak Taipan asal Rusia, Roman Abramovich mengakuisisi Chelsea, Tim asal London Barat itu bertransformasi menjadi kekuatan baru di Inggris.

Musim terproduktif Chelsea terjadi pada musim 2009/2010 saat mereka ditangani Carlo Ancelotti. Pada saat itu The Blues mengemas total 103 gol dari 38 pertandingan dan menjadi kampiun EPL musim itu.

Tiga pencetak gol terbanyak Chelsea di ajang EPL dipegang oleh Frank Lampard (147 Gol), Didier Drogba (104 Gol) dan Eden Hazard (85 Gol).

Liverpool
Untuk peringkat ketiga, ada Liverpool yang merupakan tim dengan jumlah gol terbanyak ketiga sepanjang sejarah. Tim yang berbasis di Merseyside itu mengemas total 1840 gol dalam 28 musim penyelenggaraan EPL.

Selama kompetisi Premier League digelar, Liverpool memang belum pernah sekalipun menjadi juara. Namun pasukan The Reds selalu tampil konsisten untuk menjadi penantang gelar yang serius setiap musimnya.

Musim terproduktif Liverpool dalam mencetak gol terjadi pada musim 2013/2014. Digawangi duet Daniel Sturridge dan Luis Suarez, The Reds mengemas total 101 gol di ajang EPL musim itu.

Namun untuk pencetak gol terbanyak mereka di Liga masih dipegang oleh sosok Robbie Fowler yang membuat 128 Gol, disusul Steven Gerrard, 120 Gol. Sementara di peringkat ketiga ada Michael Owen yang total membuat 118 Gol.

Arsenal
Tim Inggris kedua dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah adalah tim asal London Utara, Arsenal. The Gunners tercatat membuat total 1885 gol dari 28 musim digulirkannya EPL.

The Gunners menjalani era kejayaan mereka di bawah pimpinan Arsene Wenger. Berkat tangan dingin pelatih asal Prancis itu, Arsenal memenangkan sejumlah trofi bergengsi termasuk trofi emas Premier League di musim 2003/2004 silam.

Namun era The Invincibles bukan musim di mana Arsenal produktif mencetak gol, melainkan satu tahun setelahnya. Pada musim 2004/2005, Arsenal mencatatkan rekor gol terbanyak mereka di EPL, dengan jumlah 87 gol dalam satu musim.

Untuk mesin gol utama mereka di Premier League, ada Thierry Henry yang menyumbangkan 175 gol, Ian Wright yang mengemas 128 gol dan Robin van Perside yang mencetak 96 gol di ajang EPL.

Manchester United
Tim Premier League dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah adalah Manchester United. Pemegang trofi Premier League terbanyak sepanjang sejarah ini mengemas total 2033 gol dalam 28 musim kompetisi ini digulirkan.

Manchester United memang memiliki suksesi penyerang yang bagus. Dimulai dari Era Mark Hughes, lalu diteruskan Eric Cantona, lalu Wayne Rooney, dan yang terbaru Marcus Rashford, United tidak pernah kekurangan striker bagus dalam tim mereka.

Musim terproduktif Setan Merah terjadi pada musim 1999/2000, satu tahun setelah mereka memenangkan Treble Winners. Pada saat itu, United mengemas total 97 gol dari 38 pertandingan di mana kombinasi Dwight Yorke dan Andy Cole masih menjadi mesin gol utama Sir Alex Ferguson.

Sementara tiga penyerang MU dengan jumlah gol Premier League terbanyak dipegang oleh Wayne Rooney (183 gol), Ryan Giggs (114 Gol), dan Paul Scholes (107 Gol).

sumber: Premier League/bolanet

Komentar Anda

BACA JUGA
Nasional | Sabtu, 26 September 2020 | 12:36 WIB
Nasional | Jumat, 25 September 2020 | 10:56 WIB
Polkum | Jumat, 25 September 2020 | 20:52 WIB