Kamis, 1 Oktober 2020 | 07:00 WIB

Bartomeu Ungkap Dari Awal Justru Messi yang Usulkan Pemotongan Gaji Pemain

Rabu, 1 April 2020 | 06:20 WIB - Chairul Ichsan

Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mengungkapkan Lionel Messi justru sejak awal yang mengusulkan ide pemotongan gaji pemain.

Di tengah pandemi virus corona, ada banyak klub yang mengalami kesulitan keuangan. Sebab mereka tak bisa mendapatkan pemasukan secara reguler dari berbagai sektor.

Sejumlah langkah pun dilakukan demi keberlangsungkan klub di masa depan. Salah satunya adalah pemotongan gaji.

Barcelona, meski statusnya sebagai klub besar, ternyata juga terdampak. Ada kabar bahwa mereka bisa merugi sampai 100 juta euro.

Barca pun juga disebut mengajukan proposal pemotongan gaji pemain. Namun kemudian ada kabar bahwa ada sejumlah pemain senior Blaugrana yang menolak ide tersebut.

Klarifikasi Bartomeu
Agar kabar tersebut tidak makin bergulir dengan liar, Josep Maria Bartomeu pun akhirnya memberikan klarifikasi terkait situasi yang sebenarnya. Ia menegaskan bahwa Lionel Messi sama sekali tak pernah menolak pemotongan gaji.

Justru yang terjadi adalah sebaliknya. Messi adalah sosok yang mengajukan ide potong gaji tersebut.

"Messi memberitahu saya sejak hari pertama bahwa pengurangan [gaji] ini harus dilakukan," ucap Bartomeu pada Sport.

"Proposal ini datang dari kapten. Ini adalah isyarat yang menunjukkan komitmen mereka kepada klub," tegasnya.

Soal Pernyataan Messi dkk
Sebelumnya Lionel Messi telah mengeluarkan pernyataan terkait pemotongan gaji tersebut. La Pulga menegaskan bahwa para pemain Barcelona telah sepakat untuk menerima pemotongan gaji sebesar 70 persen.

Selain itu para pemain Barca juga akan berusaha memberikan bantuan lain. Dengan demikian para staf klub akan bisa tetap menerima gaji mereka 100 persen.

Pesan itu juga seakan menuduh mereka yang bertanggung jawab atas Barca menempatkan para pemain di bawah sorotan yang tidak adil. Padahal negosiasi tentang pemotongan gaji sebenarnya tengah berlangsung.

"Mungkin [para pemain] telah frustrasi dengan hal-hal yang dikatakan oleh orang-orang di dalam dan di luar klub, yang tidak memiliki semua informasi," tuturnya.

"Tetapi negosiasi hanya dilakukan oleh Oscar Grau dan saya dan kami belum mengatakan apa-apa," akunya.

Kompetisi La Liga saat ini masih dihentikan sementara dan belum bisa dipastikan kapan akan bergulir lagi. Sebab pandemi virus corona masih parah, di mana ada lebih tujuh ribu jiwa meninggal dunia dan lebih dari 87 ribu orang masih menderita sakit.

(sport/bolanet)

Komentar Anda

BACA JUGA
Ekonomi | Minggu, 27 September 2020 | 11:45 WIB
Ekonomi | Sabtu, 26 September 2020 | 05:41 WIB