Senin, 21 September 2020 | 00:37 WIB

Menerka Bagaimana Chelsea Bisa Kalahkan Liverpool untuk Transfer Timo Werner

Selasa, 9 Juni 2020 | 09:13 WIB - Chairul Ichsan

Digembar-gemborkan bakal jadi striker baruLiverpool, Timo Werner justru diyakini bakal bergabung dengan Chelsea. Kabarnya hanya masalah waktu sampai The Blues mengumumkan transfer Werner secara resmi.

Isu Werner ke Chelsea jelas jadi salah satu kejutan besar sepekan terakhir. Kabarnya The Blues membayar 55 juta pounds untuk mendapatkan striker RB Leipzig itu, harga yang tidak terlalu mahal bagi Chelsea.

Kendati demikian, isu transfer ini jadi menarik bukan karena harga, tapi karena sebelumnya Werner terus dihubungkan dengan Liverpool. Bahkan striker muda asli Jerman ini sudah pernah memuji permainan Liverpool secara langsung.

Jelas, pergerakan cepat Chelsea membuyarkan harapan Liverpool, atau justru sebenarnya Liverpool memang tidak pernah tertarik? Bagaimana bisa Werner justru mendarat di Chelsea?

Kekuatan Finansial Chelsea
'New Normal', frasa yang mulai sering terdengar sebulan terakhir. Sepak bola pun demikian, bursa transfer diduga bakal sepi karena masalah finansial klub-klub besar Eropa.

Kendati demikian, aturan itu sepertinya tidak berlaku untuk Chelsea. The Blues mampu memenuhi klausul rilis Werner sebesar 55 juta pounds, yang seharusnya jadi masalah jika benar-benar ada krisis finansial.

Artinya, Chelsea merupakan satu dari sedikit klub yang beruntung. Kekuatan finansial mereka tidak bisa diremehkan, yang mungkin juga dipengaruhi oleh hukuman embargo transfer awal musim ini.

Setelah melewati dua bursa transfer tanpa aktivitas berarti, Chelsea sekarang kembali dengan kekuatan mereka.

Liverpool Mundur
Sejumlah media Jerman mengklaim Werner sudah sepakat hengkang ke Chelsea. Namun, agen Werner, Karlheinz Forster masih belum menjamin apa pun, negosiasi masih berlangsung.

Sepertinya Forster tidak mau banyak bicara karena menunggu inisiatif Liverpool. Sayangnya Liverpool mungkin tidak akan bergerak mendapatkan Werner, ada beberapa masalah.

The Reds tidak bisa memenuhi klausul rilis Werner. Mungkin terdengar mengejutkan, tapi Liverpool sepertinya punya sedikit masalah finansial -- yang dibuktikan dengan usaha mengajukan furlough untuk staf mereka, meski akhirnya gagal.

Intinya, ketika Liverpool masih pikir-pikir soal harga, Chelsea langsung datang dan siap membayar tanpa menawar.

Bagaimana Melakukannya?
Setidaknya masih ada 10 hari sebelum klausul Werner meningkat, tapi Chelsea diduga bakal menyodorkan pembayaran awal paling lambat pekan depan. Bahkan ada kemungkinan mereka mengumumkan transfer resmi Werner sebelum Premier League dilanjutkan.

Jadi, pertanyaannya: Bagaimana Chelsea melakukannya? Setelah adu rayu Werner dan Klopp, bagaimana Chelsea masuk ke tengah situasi transfer itu dan langsung meyakinkan Werner?

Untungnya, jawaban dari pertanyaan di atas mudah di dapat: Frank Lampard. Bos Chelsea ini seperti punya daya tarik sendiri untuk para pemain, mungkin proyek yang dijelaskan Lampard terdengar realistis dan menarik.

Coba amati kalimat Hakim Ziyech usai memastikan trasnfer ke Chelsea, dia pun pernah memuji Lampard: "Kami banyak berkomunikasi bebearpa pekan terakhir dan dia [Lampard] membuat saya merasa yakin, itu sangat berpengaruh dalam pembuatan keputusan."

Rayuan Lampard
Artinya, besar kemungkinan Werner merasakan apa yang dirasakan Ziyech. Werner sudah bicara dengan Lampard dan setelahnya langsung yakin untuk memilih Chelsea.

Sempat muncul kabar Werner mau menunggu satu tahun sebelum pindah ke Liverpool, tapi sepertinya Lampard tahu cara memanfaatkan celah ini. Beberapa pekan lalu, Werner pernah bicara soal klub ideal versinya.

"Apresiasi yang setara [antara pemain dan klub] harus semaksimal mungkin. Itulah sebabnya saya memilih RB Leipzig, dan karena alasan itulah saya akan memilih klub berikutnya dalam perjalanan saya, yakni di mana saya bisa mendapatkan perasaan yang sama," ujar Werner.

Singkatnya, ketika Liverpool mundur dan berharap Werner mau menunggu, Lampard maju dan menegaskan bahwa dia menginginkan jasa striker 24 tahun itu sesegera mungkin.

Sumber: Tribal Football/bola

Komentar Anda

BACA JUGA
Nasional | Rabu, 16 September 2020 | 17:24 WIB
Dunia | Kamis, 17 September 2020 | 06:32 WIB
Nasional | Kamis, 17 September 2020 | 20:22 WIB