Senin, 21 September 2020 | 01:13 WIB

Di Mana Mereka Sekarang? Starting XI AC Milan yang Terakhir Menjuarai Serie A 2010/11

Selasa, 23 Juni 2020 | 08:23 WIB - adm spn

Sepertinya tidak bisa dibantah bahwa level AC Milan terus menurun dalam beberapa tahun terakhir. Rossoneri pernah sangat kuat, sekarang hanya tinggal sisa-sisanya.

Milan terakhir kali menjuarai Serie A pada musim 2010/11 lalu. Sejak saat itu, Milan perlahan-lahan merosot ke papan tengah, hanya bisa menyaksikan rival-rivalnya berkembang semakin kuat.

Ketika Juventus, Napoli, dan Atalanta berkembang, Milan masih jalan di tempat. Lalu ketika Inter Milan mulai bangkit dua musim terakhir, Milan masih saja jalan di tempat.

Beberapa pelatih sudah duduk di kursi panas bos Milan, tapi semuanya perlahan-lahan gagal. Bahkan Gennaro Gattuso harus menyerah, meski sebenarnya dia sudah bekerja sangat baik.

Kini, selagi menunggu Milan bangkit, Squawka mencoba mengingat kembali bagaimana bentuk skuad Milan ketika terakhir kali menjuarai Serie A. Seperti apa? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

Christian Abbiati
Tiba di San Siro pada tahun 1998 dari Monza, Abbiati memilih pensiun di akhir musim 2015/16 lalu. Dia memegang rekor penampilan terbanyak sebagai kiper Milan (308).

Mungkin Gianluigi Donnarumma bakal melampaui rekor Abbiati suatu hari nanti. Sekarang, Donnarumma sudah melewati 190 pertandingan.

Ignazio Abate
Pemain veteran Milan lainnya, Abate merupakan produk akademi Rossoneri, tapi dia harus menjalani karier di beberapa klub lain sebelum kembali ke Milan pada tahun 2009 lalu.

Setelah kembali, Abate terus berkembang dan menghabiskan satu dekade di San Siro. Dia bahkan pernah menyandang kapten Rosooneri dan kepergiannya membuat San Siro memberikan standing ovation.

Thiago Silva
Mudah melacak bagaimana perjalanan Thiago Silva setelah berkembang di Milan. Dia memilih hengkang ke PSG dan terus menjuarai Ligue 1 selama bertahun-tahun.

Bek senior Brasil ini pernah menyandang status bek termahal di dunia karena transfer itu. Kendati demikian, Silva dipastikan bakal meninggalkan PSG di akhir musim 2019/20 ini.

Alessandro Nesta
Dipandang sebagai salah satu bek tengah terbaik dalam generasinya. Nesta menjadi bagian barisan bek paling tangguh milik Milan selama tahun 2002-2012. Setelahnya, Nesta memutuskan hengkang ke Montreal Impact.

Tidak lama bermain di sana, Nesta memutuskan pensiun pada tahun 2014 lalu. Dia pun mencoba meniti karier sebagai pelatih dari Miami FC, Perugia, dan Frosinone sejak tahun 2019 lalu.

Marek Jankulovski
Jankulovski mengakhiri kariernya di Milan setelah meraih satu-satunya gelar Serie A. Dia pergi dari Milan dengan gratis untuk pulang ke Republik Ceko dan membela Banik Ostrava.

Sayangnya, dia hanya membuat satu penampilan di sana, lalu menderita cedera lutut yang parah. Jankulovski akhirnya memutuskan pensiun karena cedera yang terlalu panjang.

Gennaro Gattuso
Paling mudah mencari di mana Gattuso sekarang. Lihat saja skuad Napoli dan trofi Coppa Italia yang baru mereka raih, mungkin ada penyesalan Milan melihat perkembangan mantan pelatihnya.

Gattuso membela Milan sejak tahun 1999, meninggalkan mereka tahun 2012, lalu pensiun di Sion pada tahun 2013. Sejak tahun itulah Gattuso memulai kariernya sebagai pelatih sampai saat ini.

Clarence Seedorf
Salah satu pemain terbaik kelahiran Belanda. Seedorf mencapai total 300 penampilan untuk Milan pada periode tahun 2002 sampai 2012.

Seedorf masih satu-satunya pemain yang bisa menjuarai Liga Champions bersama tiga tim berbeda (Ajax, Real Madrid, dan Milan). Dia sempat membela Botafogo setelah meninggalkan Milan, tapi tidak lama.

Kemudian Seedorf memulai kariernya sebagai pelatih, bahkan pernah menangani Milan pada tahun 2014 lalu. Namun, sampai sekarang kariernya sebagai pelatih tidak terlalu mentereng.

Kevin-Prince Boateng
Boateng mungkin merupakan salah satu pemain dengan perjalanan karier luar biasa. Dia telah membela 12 klub berbeda di seluruh wilayah Eropa sejak menjalani debutnya pada tahun 2004 lalu.

Uniknya, masa pertama Boateng di Milan selama tiga tahun (2010-2013) itu merupakan masa terlama yang pernah dia habiskan dalam satu klub.

Sekarang, di usia 33 tahun, Boateng masih bermain di level tinggi. Dia menyandang status pemain Fiorentina, tapi sedang menjalani masa peminjaman di Besiktas.

Alexandre Pato
Ketika Milan menjuarai Serie A musim itu, Pato menjadi salah satu top scorer dengan 14 gol dalam 25 pertandingan. Dia meninggalkan Milan pada tahun 2013 untuk membela Corinthians.

Perjalanan karier Pato cukup unik, bahkan dia pernah bertualang di Liga Super Cina bersama Tianjin Quanjian (2017-2019). Setelahnya dia memilih pulang ke Brasil untuk membela Sao Paulo dan masih bermain sampai sekarang.

Robinho
Robinho menghabiskan lima musim di San Siro setelah membela Santos, Real Madrid, dan Man City. Setelah sempat tampil impresif, karier Robinho pun merosot di Milan.

Setelahnya Robinho bertualang ke Santos, Guangzhou Evergrande, Atletico Mineiro, Sivasspor, dan sampai sekarang masih membela Istanbul Basaksehir.

Zlatan Ibrahimovic
Cinta lama bersemi kembali, Ibrahimovic sekarang kembali membela Milan. Dia memang tidak lama membela Milan, tapi sudah cukup untuk meraih trofi.

Sekarang, di usia 38 tahun, kelanjutan karier Ibra mulai diragukan. Memang kemampuannya masih cukup untuk terus bermain di level tinggi, tapi cedera jadi momok terbesar Ibra setahun terakhir.

Sumber: Squawka/bola

Komentar Anda

BACA JUGA
Nasional | Jumat, 18 September 2020 | 19:36 WIB
Peristiwa | Kamis, 17 September 2020 | 20:26 WIB