Kamis, 3 Desember 2020 | 07:11 WIB

Hasil Pertandingan Manchester City vs Lyon: 1-3

Minggu, 16 Agustus 2020 | 06:11 WIB - Chairul Ichsan

Asa Manchester City untuk bermain di semi final Liga Champions resmi buyar. Raksasa Inggris itu harus menelan kekalahan di babak perempat final setelah ditumbangkan wakil Prancis, Lyon dengan skor 3-1.

Lyon berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol Maxwel Cornet di babak pertama. Kevin De Bruyne sempat menyamakan kedudukan di babak kedua, sebelum pemain pengganti, Moussa Dembele mencetak dua gol dan memastikan Lyon lolos ke semi final.

Pertandingan yang digelar di Estadio Jose Alvalade ini dimulai dengan tempo sedang. Manchester City sejak awal menguasai penguasaan bola sementara Lyon lebih mengandalkan serangan balik.

City yang dominan dalam penguasaan bola mencoba menekan pertahanan Lyon. Namun mereka kesulitan untuk menciptakan peluang yang berbahaya, karena pertahanan Lyon yang bermain disiplin dan solid.

Meski lebih banyak bertahan, Lyon juga sesekali melakukan serangan balik. Dan berkat serangan balik ini mereka berhasil unggul terlebih dahulu di menit 24.

Menerima umpan panjang dari lini pertahanan mereka, Toko Ekambi berhasil menahan bola. Lalu bola itu disambar Cornet dengan tembakan yang sedikit melengkung dan masuk ke gawang Ederson. Gol ini sempat diperiksa VAR karena Ekambi diduga offside saat menerima bola, namun ternyata VAR menunjukkan sang striker onside sehingga gol itu disahkan. 1-0 kedudukan berubah untuk keunggulan Lyon.

Tertinggal satu gol, City mencoba untuk meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun lagi-lagi peluang yang mereka ciptakan tidak ada yang terlalu membahayakan berkat pertahanan rapat Lyon dan juga kegemilangan Lopes di bawah mistar gawang.

Skor 1-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan di babak pertama.

Simak jalannya pertandingan di babak kedua di bawah ini.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, keadaan tidak banyak berubah. Manchester City masih dominan dalam penguasaan bola dan meningkatkan intensitas serangan mereka, sementara Lyon masih tampil dengan solid.

Sadar permainan timnya tidak berkembang, Pep Guardiola melakukan pergantian pemain di menit 56. Fernandinho ditarik dan digantikan dengan Riyad Mahrez. Pergantian ini membuat formasi City yang semula menggunakan tiga bek menjadi empat bek.

Dampak masuknya Mahrez cukup terasa, karena serangan-serangan City menjadi lebih hidup. Di menit 60, Lopes membuat penyelamatan pertamanya untuk menghalau tembakan melengkung De Bruyne. Enam menit berselang, De Bruyne kembali mencoba membobol gawang Lyon, namun lagi-lagi tembakannya dihentikan oleh Lopes.

Setelah sejumlah percobaan, City baru bisa mencetak gol di menit 69. Diawali dari Raheem Sterling yang berhasil mengelabuhi bek Lyon, ia mengirimkan umpan tarik ke belakang yang kemudian disambar Kevin De Bruyne dengan tembakan mendatar yang gagal dihalau Lopes. Skor berubah menjadi 1-1.

Melihat City yang mulai bangkit akibat gol De Bruyne, Rudi Garcia membuat tiga pergantian pemain. Bruno Guimares, Leo Dubois dan Memphis Depay ditarik keluar dan digantikan Thiago Mendes, Kenny Tete dan Moussa Dembele.

Keputusan untuk memasukan Moussa Dembele amerupakan keputusan ayng tepat. Baru tiga menit masuk, ia berhasil mencetak gol ke gawang Ederson melalui skema serangan balik, di mana tembakan mendatarnya berhasil menerobos .

VAR lagi-lagi meninjau gol Lyon ini, karena dalam prosesnya ada dugaan offside, saat Aouar melepaskan umpan, bola diduga mengenai Toko Ekambi yang sudah berada di posisi offside. Namun ternyata VAR tetap mengesahkan gol tersebut, karena bola tidak menyentuh Ekambi dan Dembele masuk ke pertahanan City dari posisi tidak offside. Sehingga kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Lyon.

Manchester City mendapatkan peluang emas di menit 85. Gabriel Jesus berhasil mengirimkan umpan mendatar ke Sterling yang tidak terkawal dan berada di depan gawang persis. Bola yang seharusnya masuk malah melambung.

Kegagalan peluang Sterling itu menghadirkan efek domino. Lyon melakukan serangan balik, dan Moussa Dembele lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor setelah ia menyambar bola muntah saat Ederson menghentikan tembakan Aouar. Skor berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Lyon.

Manchester City sempat memiliki peluang emas di masa injury time, namun Lopes lagi-lagi jadi pahlawan Les Gones. Skor 3-1 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Berkat kemenangan ini, Lyon akan menantang Bayern Munchen di semi final Liga Champions.

Susunan Pemain Kedua Tim

Manchester City (3-5-2): Ederson; Fernandinho (Mahrez 56'), Garcia, Laporte; Walker, De Bruyne, Rodri (D.Silva 84'), Gundogan, Cancelo; Jesus, Sterling

Lyon (3-5-2): Lopes; Marcal, Marcelo, Denayer; Cornet, Aouar, Guimares (Mendes 70'), Caqueret, Dubois (Tete 74'); Depay (Dembele 75'), Ekambi (Reine-Adelaide 87')

Statistik Pertandingan

Manchester City - Lyon
Goals: 1 - 3
Total Shots: 18 - 7
Shots on Target: 7 - 6
Posession: 72% - 28%
Fouls: 13 - 15
Offside: 0-0

sumber:bola

Komentar Anda

BACA JUGA
Nasional | Senin, 30 November 2020 | 16:44 WIB