Jumat, 27 November 2020 | 06:23 WIB

India Berhasil Langsungkan Uji Senjata Anti-Satelit

Kamis, 28 Maret 2019 | 05:49 WIB - Nunu Nurohman

INDIA, -- India mengatakan telah berhasil menguji misil anti-satelit baru, menandai kemajuan besar lainnya dalam program antariksanya yang menjanjikan.

PM Narendra Modi mengumumkan, Rabu (23/3), melalui pidato televisi yang disiarkan secara nasional, para ilmuwan negaranya berhasil menghancurkan sebuah satelit yang mengorbit sekitar 300 kilometer dari atmosfir bumi dalam sebuah misi yang berlangsung hanya tiga menit.

PM itu mengatakan negaranyanya kini telah mencantumkan diri sebagai sebuah kekuatan antariksa di samping AS, China dan Rusia, tiga negara lain yang sejauh ini telah berhasil melakukan kemajuan serupa.

AS dan bekas Uni Soviet berhasil melakukan uji anti-satelit pada masa awal kemajuan dunia antariksa. AS menembak jatuh satelit pada 1985, yang kemudian diikuti Uni Soviet. China baru berhasil mewujudkan itu pada 2007.

Modi bersikeras mengatakan, uji pada Rabu (23/3) itu tidak melanggar kesepakatan internasional manapun, dan dilakukan sepenuhnya untuk kepentingan keamanan nasional.(voa)

Komentar Anda

BACA JUGA
Dunia | Sabtu, 21 November 2020 | 16:52 WIB